Ahad 05 Sep 2021 19:54 WIB

Apple Tunda Rencana Pemindaian Foto iPhone

Pemindaian foto bertujuan untuk melaporkan gambar pelecehan seksual.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto:

 

Perusahaan diperkirakan akan mengumumkan iPhone berikutnya akhir bulan ini. Namun, tidak jelas apakah Apple akan menggunakan acara itu membahas lebih lanjut perubahan rencana pemindaian perangkat di AS.

Reaksi keras terhadap teknologi pemindaian sangat menyakitkan bagi perusahaan yang telah menjadikan privasi pribadi sebagai mantra pemasaran. Apple berpendapat rencana itu lebih dapat dipercaya daripada perusahaan teknologi besar lainnya seperti Google dan Facebook yang menyedot informasi tentang minat dan lokasi orang untuk membantu menjual iklan digital.

CEO Apple Tim Cook diketahui mengulangi slogannya “Privasi adalah hak asasi manusia yang mendasar.”

“Teknologi pemindaian foto adalah tentang hal yang sangat besar yang harus dihadapi  bagi Apple. Jika Anda ingin menjaga privasi orang, Anda tidak dapat memindai ponsel mereka,” kata Direktur Eksekutif Electronic Frontier Foundation, salah satu kritik paling vokal dari rencana perusahaan.

Seorang peneliti kriptografi terkemuka di Universitas Johns Hopkins dan kritikus vokal lainnya dari Apple, Matthew Green juga mendukung penundaan tersebut. Dia menyarankan perusahaan berbicara dengan komunitas teknis dan kebijakan, serta masyarakat umum sebelum membuat perubahan besar yang mengancam privasi perpustakaan foto semua orang.

 

“Anda perlu membangun dukungan sebelum meluncurkan sesuatu seperti ini. Ini adalah eskalasi besar dari hampir tidak memindai apa pun menjadi memindai file pribadi,” kata Green.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement