Ahad 25 Jul 2021 11:57 WIB

Berlian Buatan Laboratorium Jadi Potensi Menjanjikan

Berlian ternyata bisa dibuat di laboratorium tanpa harus menambang.

Ilustrasi berlian
Foto: PickPik
Ilustrasi berlian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalimat bahwa berlian itu langka dan sangat berharga ternyata mitos. Sebab, berlian bisa dibuat di laboratorium, dan tidak perlu ditambang. Bagaimana caranya?

Cantik, murni, berharga tinggi. Begitulah pandangan orang terhadap berlian. Selain itu, katanya, berlian tidak bisa ditemukan di permukaan tanah. Rumah mereka adalah pengecoran sepanas neraka di lapisan dalam bumi. 

Baca Juga

Lebih dalam dari 150 km, dengan temperatur di atas 800° Celsius, dalam kondisi yang tidak mungkin ditiru di permukaan bumi.

Tapi analis industri berlian,  Paul Zimnisky mengungkap, kita bisa membuat berlian. Tepatnya, ilmuwan bisa menumbuhkan berlian di laboratorium.

“Berlian yang tumbuh di laboratorium sama dengan yang ditambang,” kata Amish Shah, kepala perusahaan pembuat berlian, ALTR Inc.

 

Mitos bahwa berlian langka

Amish Shah, yang keluarganya sudah berbisnis berlian sejak tiga generasi lalu juga berkata, “Berlian tidak pernah berharga.” Ia menambahkan lagi, “Bahwa berlian itu langka, cuma mitos saja.“

Analis Paul Zimnisky menjelaskan juga, teknologi pembuatan berlian sebetulnya sudah ada sejak 1950 atau 1960-an. Tapi teknologi ini untuk waktu lama hanya bisa menghasilkan sedikit untuk keperluan industri.   

Tapi sekitar lima tahun lalu, analis melihat kemungkinan untuk memperbaiki teknologi sehingga memungkinkan produksi berlian berkualitas seperti batu permata, walaupun dibuat manusia. Kualitasnya juga cukup bagus untuk jadi perhiasan.

 

sumber : DW
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement