Senin 28 Jun 2021 12:21 WIB

Burgers' Zoo, Lokasi Terumbu Karang Terbesar Eropa

Di seluruh dunia ada 14.000 jenis karang yang sebagian besar terancam punah. 

Terumbu Karang (Ilustrasi)

Terumbu terdiri dari ribuan hewan

Constanze Mager, pakar biologi dan pengajar di kebun binatang, menjelaskan koloni karang di sana sebenarnya ribuan hewan yang hidup berdekatan. Organisme itu ibaratnya tinggal di semacam kota besar, di sebuah kerangka milik bersama. 

Itu sulit dimengerti, karena orang kerap berusaha mencari mata atau mulutnya. “Tapi hewan ini berukuran sangat kecil, di tubuhnya hanya ada satu bukaan dan sungutnya berukuran kecil. Itu juga harus dijelaskan,“ ucap Constanze Mager.

Di seluruh dunia ada 14.000 jenis karang. Sebagian besar terancam punah. Walaupun demikian, pencinta karang tetap tidak ragu untuk mencuri atau menyelundupkan terumbu karang. 

Pencurian terumbu karang langka

Petugas bea cukai dari seluruh Eropa membawa hewan yang disita ke Max Janse. Misalnya terumbu karang yang langka dari Australia, yang pertama-tama harus ditempatkan di karantina.

“Sayang sekali masih banyak dikirimkan terumbu karang yang berasal dari alam bebas,“ tutur Max Janse.

Dia menambahkan, bagi sejumlah jenis karang ini tidak masalah, tapi bagi sebagian lainnya ini sangat tidak menguntungkan. 

Merawat terumbu karang sitaan

Terumbu karang yang sudah susah payah dirawat, saat ini tidak bisa begitu saja dikembalikan ke lautan. Karena saat ini kondisi lautan sangat buruk. Mungkin di masa depan itu bisa dilakukan, jika situasinya membaik. 

Untuk meniru habitat alami hingga mirip dengan komposisi air di sekitar pantai Pasifik, di Arnhem airnya dicampur dengan 60 unsur. 

“Kami pikir, kami harus menunjukkan kecantikan dan keistimewaan alam ini,“ kata Constanze Mager. Kalau orang tidak kenal, maka tidak akan suka, dan tidak ingin melindungi.

Kenyataannya, memang terumbu karang sangat memerlukan perlindungan, jika kita ingin menjaga kehidupan bawah air untuk jangka panjang. 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/terumbu-karang-terbesar-eropa-jadi-tempat-penelitian/a-57960897

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement