Sabtu 19 Jun 2021 08:26 WIB

Studi: Risiko Terkena Covid Turun 21 Hari Usai Vaksinasi

Lonjakan kasus di Inggris mayoritas berasal dari usia muda dan belum divaksinasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi Covid-19. Penurunan risiko terkena Covid-19 tampak kuat hingga sekitar satu bulan setelah dosis pertama.
Foto:

Hasil dari hampir 110 ribu tes swab yang dilakukan di seluruh Inggris antara 20 Mei hingga 7 Juni menunjukkan infeksi Covid-19 berlipat ganda setiap 11 hari, dengan sekitar satu dari 670 orang terinfeksi. Prevalensi tertinggi adalah di barat laut Inggris.

"Prevalensi meningkat secara eksponensial dan didorong oleh usia yang lebih muda," kata penulis studi Steven Riley di Imperial College London.

"Jelas itu adalah berita buruk, tetapi hal utama untuk ditunjukkan di sini adalah bahwa kita berada di bagian epidemi yang sangat berbeda di Inggris dan sangat sulit untuk memprediksi durasi fase eksponensial," ujarnya.

Rekan penulis studi, Paul Elliott, mengatakan bahwa ketika melihat detailnya, tampaknya ada perlindungan yang sangat baik di usia yang lebih tua. Itu karena hampir semua orang usia lanjut telah mendapatkan dua dosis vaksin.  

"Dan, pada kelompok yang lebih muda di bawah usia 65 tahun, di mana proporsi orang yang telah divaksinasi atau divaksinasi ganda lebih kecil, sebagian besar infeksi terjadi pada kelompok yang tidak divaksinasi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement