Rabu 09 Jun 2021 12:51 WIB

Eropa Bangun Taman Surya Terapung Terbesar, Luasnya 18 Ha

Taman surya terapung ini memiliki 73 ribu panel surya, 13 dan 338 inverter.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Panel Tenaga Surya Terapung. ilustrasi
Foto:

Bagaimana cara kerja taman surya terapung?

Taman Surya Terapung seperti taman surya biasa yang dipasang di tanah, sama seperti panel surya yang lebih umum ditemukan di atap. Dalam proyek ini, panel surya dipasang di perahu kecil dengan empat pelampung. Di sekitar pelampung terdapat konstruksi baja seperti atap.

Salah satu komponen kunci dari setiap pembangkit listrik tenaga surya adalah inverternya. Inverter yang digunakan di Zwolle berasal dari Huawei dan mereka mengubah arus searah dari panel surya menjadi arus bolak-balik yang dapat mengalir ke jaringan listrik untuk memberi daya pada rumah kita.

Saat ini, mereka menggunakan inverter berkapasitas lebih tinggi sehingga mereka membutuhkan lebih sedikit pada sistem. Dengan begitu bisa menghemat ruang dan biaya.

Taman surya terapung besar ini memiliki masa operasi setidaknya 30 tahun. Sebagian besar bahan yang digunakan untuk membuatnya dapat didaur ulang.

 

Inilah yang digambarkan proyek ini sebagai kunci untuk menggerakkan masa depan. BayWa.re. juga berharap taman surya ini segera ditemukan di danau yang lebih besar bahkan di laut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement