Jumat 04 Jun 2021 11:02 WIB

AS Temukan Antivirus Oral yang Potensial untuk Covid-19

Obat antivirus oral bernama Tempol potensial hambat replikasi virus dalam kultur sel.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Obatan-obatan (ilustrasi). Obat yang dinamakan Tempol tampak potensial hambat replikasi virus penyebab Covid-19 dalam kultur sel.
Foto:

Enzim yang sedang dipelajari, RNA replikasi, berfungsi paling baik dengan dua yang disebut gugus besi-sulfur. Sementara itu, penelitian sebelumnya salah menyematkan struktur sebagai situs pengikatan seng. 

Fitur enzim memungkinkan tim untuk mengambil keuntungan dari kelemahan virus. Obat tersebut menurunkan gurus besi-sulfur, sehingga ini menghambat replikasi virus dan berpotensi berlaku untuk penyakit lain dengan situs pengikatan serupa. 

Eksperimen dan penelitian pada hewan sebelumnya yang menilai obat dengan penyakit lain membantu para ilmuwan menetapkan dosis untuk digunakan di paru-paru dan kelenjar ludah, yang dikatakan sebagai target utama virus. Rouault mengaku optimistis terkait potensi Tempol, terlebih setelah melihat profil keamanan dan dosis yang dianggap terapeutik dalam penelitian.

"Namun, studi klinis diperlukan untuk menentukan apakah obat itu efektif pada pasien, terutama di awal perjalanan penyakit ketika virus mulai bereplikasi,” jelas Rouault. 

Para peneliti bermaksud untuk menjalankan penelitian pada hewan lebih lanjut dan bertujuan untuk melakukan uji klinis untuk menilai obat Covid-19. Temuan ini dipublikasikan di jurnal Science.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement