Kamis 03 Jun 2021 12:14 WIB

Barisan Teknologi Canggih yang Berawal dari Film

Banyak gawai yang lahir dari cerita fiksi sains.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/etyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Salah satu adegan di film Inception.
Foto:

 

2001: A Space Odyssey memperkenalkan komputer tablet

Meskipun dirilis lebih dari 50 tahun lalu, film fiksi ilmiah Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey membuat banyak prediksi berani tentang masa depan perjalanan luar angkasa. Namun, detail yang lebih halus dalam film tersebut menunjukkan perangkat genggam kecil yang menampilkan video dan teks kepada para astronaut dan perangkat ini dijelaskan dalam naskah sebagai "Newspad".

Kesamaan antara tablet dalam film dan Apple iPad, yang pertama kali diluncurkan pada 2010, kemudian justru digunakan sebagai bukti dalam perselisihan hukum antara Apple dan Samsung. Samsung menggunakan gambar dari film Space Odyssey sebagai bagian dari pembelaannya terhadap pelanggaran hak cipta yang dilakukan Apple.

 

Iron Man dengan jet pack

Marvel cinematic universe dimulai dengan film Iron Man pada 2008. Dalam film tersebut, pakaian robotik Robert Downey Jr mampu mendorongnya di udara dengan kecepatan yang lebih cepat daripada pesawat. Penemu Inggris Richard Browning pun memutuskan untuk mengembangkan pakaian bertenaga jetnya sendiri.

Ia kemudian menampilkan lima mesin jet miniatur yang diikatkan ke lengan, kaki, dan punggung pengguna, serta memiliki kecepatan tertinggi 32 meter per jam dan batas ketinggian 12 ribu kaki. Sembilan dari setelan itu mulai dijual di pusat perbelanjaan Inggris, Selfridges pada 2018 seharga 340 ribu poundsterling.

Berbicara kepada Evening Standard, direktur pakaian pria dan teknologi di Selfridges Bosse Myhr menjelaskan, hadirnya jet suit seperti ini setara dengan peluncuran pesawat pertama. "Kami berada di puncak era di mana teknologi penerbangan akhirnya berada di tangan konsumen dan kami bangga menjadi yang pertama menawarkan ini," kata Myhr.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement