Jumat 28 May 2021 13:23 WIB

Apple Dituduh Memonopoli Teknologi di Apple Watch

Apple dituduh menyabotase alat pengukur detak jantung dengan mengubah fungsi Watch.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi Apple Watch)
Foto: Wikipedia
(Foto: ilustrasi Apple Watch)

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Apple Watch hadir dengan dukungan untuk aplikasi. Aplikasi bawaan yang disediakan Apple sudah memberi pengguna fungsi seperti melacak olahraga, alarm dan timer, serta juga kemampuan untuk membaca detak jantung kita.

Dilansir dari UberGizmo, Jumat (28/5), AliveCor tidak terlalu senang dengan “monopoli” yang dimiliki Apple. Perusahaan tersebut baru-baru ini mengajukan gugatan antitrust terhadap Apple yang menuduh perusahaan tersebut terlibat dalam “perilaku monopoli”.

Baca Juga

AliveCor tidak senang karena Apple tidak menyertakan analisis detak jantung pihak ketiga untuk Apple Watch. menurut AliveCor, langkah Apple telah merugikan perusahaan, pasien dan konsumen.

AliveCor memiliki aksesori KardiaBand AliveCor yang dapat berfungsi ganda sebagai EKG. Namun, Apple kemudian meluncurkan alat EKG mereka sendiri di Apple Watch bersama dengan rangkaian pemberitahuan mereka sendiri.

AliveCor mengklaim bahwa Apple mengubah fungsi watchOS menjadi “menyabotase” KardiaBand, serta aplikasi analisis detak jantung pesaing lainnya sehingga tidak akan berfungsi atau seakurat dibandingkan dengan penawaran Apple sendiri.

Ini sebenarnya bukan pertama kalinya AliveCor mempermasalahkan Apple Watch. Awal tahun ini, perusahaan telah mendekati ITC AS dengan harapan Apple Watch dilarang karena fitur ECG-nya di mana mereka mengklaim bahwa Apple telah melanggar paten mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement