Jumat 21 May 2021 22:42 WIB

Rating FB Terus Turun, Pengamat: Tak akan Dihapus Playstore

pengamat IT menyebut turun rating hanya satu dari 9 hal yang bisa dihapus playstore

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Facebook. ILustrasi. Rating atau ulasan Facebook di Play Store terus turun. Pada Kamis (20/5), terpantau rating Facebook sebesar 2,5.  Di kolom komentar terbaru, pengguna yang memberi rating rendah beralasan ada berbagai masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh Facebook, seperti iklan, privasi, juga pengaturan suara.
Foto:

Disisi lain, penggunaan platform (media sosial) sebagai "sumber informasi" ternyata telah beralih menjadi "senjata" untuk melakukan "disinformasi". Terkait isu yang saat ini viral yaitu masalah Palestina-Israel, New York Times (17/5) melansir bahwa kebohongan atau kabar hoaks telah diperkuat karena telah dibagikan ribuan kali di Twitter dan Facebook, menyebar ke grup WhatsApp dan Telegram yang memiliki ribuan anggota.

Efek dari disinformasi tersebut berpotensi mematikan dan dapat mengobarkan ketegangan antara Israel dan Palestina saat kecurigaan dan ketidakpercayaan meningkat, meski telah terjadi gencatan senjata pada hari ini.

"Efek dari disinformasi inilah yang saya lihat menjadi acuan bagi beberapa pihak di Indonesia sebagai 'senjata terusan' untuk kepentingan masing-masing pihak tersebut." katanya.

Seperti yang pernah dilakukan oleh FB dengan kasus-kasus boikot di masa lalu, FB akan melakukan perbaikan dan pembenahan sebagai contoh filterisasi konten dan pengetatan forward informasi yang dianggap masuk dalam klasifikasi ujaran kebencian atau berpotensi menyebabkan perpecahan.

 

"Dengan demikian, FB dapat kembali menunjukkan bahwa mereka merupakan platform media sosial yang masih tetap layak untuk digunakan dan tetap berada di playstore." ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement