Jumat 07 May 2021 10:00 WIB

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Masuki Dunia Kripto

Selalu lakukan riset mandiri sebelum memutuskan masuk ke pasar uang kripto.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi uang kripto dari bitcoin hingga ethereum
Foto:

Mata uang kripto juga membutuhkan lokasi penyimpanan. Bitcoin dan mata uang lainnya dapat disimpan di bursa atau platform berbasis laman atau aplikasi. Namun, hal itu bisa di bilang bukan cara terbaik, karena berisiko rentan menjadi sasaran peretasan atau pengguna yang secara tidak sengaja lupa kata sandi untuk mengakses akunnya.

Menyimpan koin atau token di dompet kri to pribadi, dapat memberi pengguna lebih banyak kendali atas dana mereka, jauh dari inte raksi pihak ketiga, serta membiarkan pemegang aset mengelola keamanan mereka sendiri. Ada beberapa jenis dompet yang dapat diguna kan, termasuk dompet perangkat lunak (software wallet), dan dompet perangkat keras (hardware wallet).

Dompet perangkat keras untuk menyimpan mata uang kripto, berbentuk seperti USB dan sudah dapat dibeli di beberapa marketplace di Indonesia. Konsep dompet hardware pun saat ini dipandang di industri sebagai salah satu metode penyimpanan yang relatif lebih aman.

Riset mandiri, di mana belajarnya?

Karena mata uang kripto saat ini masih terbilang baru bagi banyak orang, di perlukan usaha tersendiri untuk memahami bagai mana sistem baru ini bekerja. Istilah DYOR atau Do Your Own Research pun menjadi salah satu dasar yang selalu ditekankan para pegiat cryptocurrency.

Saat ini, Twitter, Youtube, dan siniar men jadi sumber informasi yang lengkap bagi yang ingin mulai belajar. Di jagat maya, telah tersedia sekumpulan sumber informasi di untuk membantu para pendatang baru.

Saluran Youtube, contohnya Data Dash milik Nicholas Merten hadir untuk memberi edukasi tentang mempelajari dasar-dasar industri kripto. Selain itu, ada pula Altcoin Daily yang setiap hari memberi rangkuman tentang berbagai berita dan perkembangan dunia criptocurrency dari berbagai belahan dunia dalam kurun waktu 10 menit.

Selain Youtube, Twitter juga menjadi salah satu tempat paling umum untuk menemukan percakapan dan informasi menarik tentang kripto. Nama, seperti Willy Woo (@Woono mics) sudah cukup lama dikenal sebagai analis Bitcoin dan pasar uang kripto.

Dalam salah satu tweet sematannya, Woo mengungkapkan, dalam konteks pengadopsian, Bitcoin saat ini berada di posisi yang sama seperti internet pada 1997. "Hanya saja, Bitcoin menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat. Dengan pola yang ada sekarang, Bitcoin akan memiliki satu miliar pengguna pada empat tahun mendatang. Jumlah yang sama seperti internet pada 2005," ujarnya.

Mempelajari mengenai sebuah sistem keuangan, lengkap dengan teknologinya yang revolusioner, seperti blockchain dan mata uang kripto memang bisa memakan waktu. Termasuk juga, mempelajari tentang praktik keamanan yang tepat dan cara bertransaksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement