Jumat 23 Apr 2021 09:36 WIB

Kapan Waktu Wajib untuk Membuka Masker Saat Puasa?

Jika saturasi oksigen jatuh di bawah 96 maka harus membuka masker dan ambil napas.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Melepas masker sejenak untuk mengambil napas dalam-dalam. ilustrasi
Foto:

Institut Kesehatan Nasional (NIH) di Amerika Serikat menerbitkan makalah penelitian awal tahun ini tentang masalah ini. Orang-orang yang terlibat dalam industri seperti perhotelan dan perawatan kesehatan, yang mungkin terpapar panas dan tekanan termal saat mengenakan alat pelindung diri (APD) juga disarankan untuk berhati-hati.

Makalah NIH menyatakan untuk pekerja yang terpapar prosedur yang menghasilkan aerosol, penggunaan masker FFP2 / FFP3 dalam waktu lama dapat menyebabkan peningkatan upaya pernapasan dan kelelahan, tetapi tidak boleh sampai menyebabkan kelelahan fisik.

"Dengan puasa berjam-jam, jelas ada dehidrasi dan lapisan paru-paru cenderung mengering. Terjadi penurunan volume tidal. Volume tidal adalah jumlah udara yang bergerak di dalam paru-paru kita dengan setiap siklus pernapasan.  Oleh karena itu, jika mulut kering dan seseorang mungkin menggunakan masker ganda atau tunggal dan mungkin mengenakan pelindung wajah atau perlengkapan APD lainnya, pernapasannya menjadi sulit," kata Spesialis Paru di NMC Royal Hospital, Dubai Sukhant Bagdia.

Kondisi itu dapat dikombinasikan dengan ketegangan termal (jika suhu lingkungan tinggi). Bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta, hal ini dapat memicu gangguan pernapasan.

Ia menambahkan selama puasa, ketika orang mengalami dehidrasi, sangat penting untuk mendapatkan cairan kembali. Selama buka puasa dan sahur, masyarakat harus mengkonsumsi banyak buah dan sayuran.

Sayur dan buah tidak hanya akan merehidrasi seluruh tubuh dan mengisi kembali keseimbangan elektrolit tetapi juga akan melembabkan tenggorokan dan lapisan paru-paru. Ini akan sangat membantu dalam proses pernapasan serta memulihkan volume tidal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement