Selasa 06 Apr 2021 13:50 WIB

Helikopter Ingenuity Berhasil Bertahan di Permukaan Mars

Ingenuity sedang bersiap untuk terbang perdana di Mars pada 8 April mendatang.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ingenuity
Foto:

Helikopter juga perlu melalui beberapa pemeriksaan komputernya, yang akan membantu Ingenuity terbang secara mandiri melalui atmosfer Mars. Lantaran Ingenuity tidak meminjam tenaga dan panas dari penjelajah, helikopter akan mengirimkan kembali informasi tentang kinerja sistem daya dan kontrol termal selama dua hari ke depan.

Ini akan memungkinkan tim helikopter untuk mengonfigurasi pengaturan yang diperlukan untuk memastikan Ingenuity bertahan selama 30 hari berikutnya dari misinya. Kecerdikan adalah demonstrasi teknologi, yang berarti misinya pendek dibandingkan dengan rencana dua tahun penjelajah untuk menjelajahi Kawah Jezero.

Sekarang helikopter berada di permukaan Mars, memiliki 31 hari Bumi atau 30 sol Mars, untuk melakukan hingga lima penerbangan uji.Selama penerbangan pertama, helikopter akan mencoba untuk naik sekitar 10 kaki (3 meter) di udara dari tengah lapangan udara datar 33-kali-33-kaki (10-kali-10-meter), berbelok dan menyentuh mundur.  

Uji coba akan berlangsung selama sekitar 30 detik. Penerbangan selanjutnya akan menguji kemampuan helikopter untuk terbang lebih tinggi dan lebih lama. Sementara itu, rover Perseverance akan duduk di dekat pemandangan dan mengamati penerbangan, menangkap gambar, video dan audio. Hasil gambar atau audio akan mencapai Bumi pada hari-hari setelah penerbangan pertama.

Wakil Kepala Operasi Helikopter Ingenuity Mars di JPL Teddy Tzanetos mengatakan

setelah perjalanan Ingenuity berakhir, penjelajah akan fokus pada misi sainsnya dan mulai mempelajari batuan serta mengumpulkan sampel yang akan dikembalikan ke Bumi untuk misi mendatang.

"Jadwal pengujian 30 sol kami dipenuhi dengan pencapaian yang menarik. Apapun masa depan, kami akan memperoleh semua data penerbangan yang kami bisa dalam jangka waktu itu," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement