Jumat 05 Mar 2021 01:52 WIB

Peneliti Berhasil Buka Surat Terkunci Selama Ratusan Tahun

Sebuah surat dilipat dengan sangat rumit dan tidak pernah dibuka selama 600 tahun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Menulis Surat/Ilustrasi
Foto:

Peneliti lainnya, David Mills, manajer fasilitas mikrotomografi sinar-X di QMU menjelaskan bahwa anggota tim lainnya kemudian dapat mengambil gambar pindaian, kemudian mengubahnya menjadi huruf yang dapat mereka buka secara virtual dan dibaca untuk pertama kalinya dalam lebih dari 300 tahun.

Dari pemindaian, tim membangun rekonstruksi digital 3D huruf, dan kemudian menciptakan algoritma komputasi yang menguraikan teknik melipat canggih, lipatan demi lipatan, membuka huruf secara virtual sambil mempertahankan bukti penguncian huruf.

Para ilmuwan secara digital membuka empat huruf menggunakan metode terobosan ini, menguraikan isi satu huruf, DB-1627. Ditulis pada tanggal 31 Juli 1697, surat itu ditulis oleh seorang pria bernama Jacques Sennacques kepada sepupunya Pierre Le Pers, yang tinggal di Den Haag.  

Sennacques, seorang profesional hukum di Lille, Prancis, meminta sertifikat kematian resmi untuk seorang kerabat bernama Daniel Le Pers. Ini menurut para ilmuwan kemungkinan terkait masalah warisan.

Puluhan ribu dokumen tertutup tersebut sekarang dapat dibuka dan dibaca secara virtual. Algoritma ini membawa para peneliti tepat ke jantung surat yang terkunci.

"Menggunakan pembongkaran virtual untuk membaca kisah intim yang belum pernah terjadi sebelumnya dan bahkan tidak pernah mencapai penerimanya, benar-benar luar biasa." kata tim peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement