Rabu 10 Feb 2021 21:19 WIB

Android 12 akan Bawa Fitur Privasi Mirip Apple?

iOS memiliki indikator yang memberitahu pengguna jika kamera atau mic sedang dipakai.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Android.Ilustrasi.
Foto: firstpost.com
Android.Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Apple telah memperkenalkan indikator privasi dalam iOS untuk memberitahu pengguna jika mikrofon atau kamera mereka sedang diakses. Google tampaknya mempertimbangkan langkah serupa untuk sistem operasi Androidnya.

Dilansir dari Ubergizmo, Rabu (10/2), dalam laporan dari Pengembang XDA, tangkapan layar yang bocor dari pembaruan Android 12 yang akan datang telah muncul. Tangkapan layar memberi gambaran sekilas tentang apa yang mungkin dapat diharapkan dari pembaruan. Salah satunya adalah indikator terkait privasi serupa yang pernah dilihat di iOS.

Baca Juga

Di iOS, memiliki indikator titik berwarna di bilah status setiap kali kamera atau mikrofon digunakan oleh suatu aplikasi. Google mungkin ingin menerapkan fitur serupa untuk Android 12.

Namun, untuk Android, tampaknya Google akan memberi pengguna lebih banyak konteks. Pengguna dapat mengetuknya dan akan memunculkan lebih banyak informasi, seperti nama aplikasi yang saat ini mengakses mikrofon dan kamera atau jika sebuah aplikasi telah mengakses salah satu fitur tersebut baru-baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement