Rabu 10 Feb 2021 12:15 WIB

Berhasil Tiba di Mars, Uni Emirat Arab Siap Lakukan 3 Misi

Probe Hope milik Uni Emirat Arab berhasil memasuki orbit Mars pada Selasa (9/2).

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi probe Uni Emirat Arab berhasil masuk ke orbit Mars
Foto:

Brain mengatakan banyak tujuan sains dari misi Mars Emirates yang dibangun di atas penemuan yang dibuat oleh Mars Atmosphere and Volatile Evolution NASA (MAVEN) pada tahun 2014. Ilmuwan telah menganalisis data dari misi MAVEN untuk memastikan pemboman matahari angin dan radiasi mengikis atmosfer Mars. Hal itu yang mengubah planet dari kondisi yang hangat dan basah menjadi planet yang tandus.

Pesawat Hope juga akan melacak oksigen dan hidrogen yang dilepaskan dari atmosfer Mars ke luar angkasa. Ilmuwan ingin menyelidiki kemungkinan hubungan antara cuaca Mars dan iklim dengan lepasnya partikel atmosfer.

“Secara keseluruhan, tujuan sainsnya adalah untuk mendapatkan pemahaman umum tentang bagaimana atmosfer bekerja bersama, bagaimana cuaca di atas Olympus Mons memengaruhi cuaca sepenuhnya di sisi lain planet atau pada waktu yang berbeda,” ujar dia.

Hasil misi ini akan memberikan jawaban pada pertanyaan terkait badai debu di atmosfer yang lebih rendah dan proses peningkatan atmosfer.

“Jika ada beberapa perubahan di atmosfer bawah atau sekumpulan formasi awan, bagaimana respons atmosfer atas? Dari misi lalu, kami telah mempelajari atmosfer bagian atas, tapi selebihnya tidak. Misi ini akan memberikan informasi itu,” kata dia.

Sementara itu, ada dua misi robot Mars internasional mengikuti pesawat luar angkasa Hope. Misi Tianwen-1 China dijadwalkan tiba di Mars pada Rabu. Jika berhasil, kedatangan itu akan menjadikan China negara keenam yang mengirim pesawat luang angkasa ke Planet Merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement