Jumat 05 Feb 2021 13:33 WIB

Google akan Buat Fitur Antipelacakan untuk Android?

Perusahaan besar didorong untuk semakin menghormati provasi pengguna.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto:

Kode tersebut memungkinkan pengiklan melacak pengguna dari satu aplikasi atau situs web ke yang lain untuk penargetan iklan sekaligus membantu pengiklan mengukur keefektifan iklan. Misalnya, apakah pengguna akhirnya membeli produk yang mereka lihat di satu aplikasi dengan menggunakan situs web seluler penjual.

Bloomberg melaporkan, pandangan Google tentang aplikasi Tracking Transparency kemungkinan tidak seperti Apple. Alih-alih memaksakan persyaratan keikutsertaan pada pengembang aplikasi, alternatif Android mungkin menyerupai beberapa kontrol privasi yang akan datang, yang direncanakan untuk browser Google Chrome. Perusahaan mungkin berusaha untuk mengakhiri beberapa teknologi pelacakan yang lebih berbahaya di web saat ini.

Upaya Google untuk mengembangkan praktik dan standar privasi baru untuk web dikenal sebagai Privacy Sandbox. Sebagai bagian dari proyek yang sedang berlangsung, Google telah mengambil langkah-langkah untuk menghapus cookie ketiga di Chrome dan sedang mengerjakan alat yang memungkinkan pengiklan untuk menargetkan individu. Bloomberg melaporkan, semua ini dapat menginformasikan bagaimana Google mengembangkan ukuran anti-pelacakan untuk Android.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement