Kamis 04 Feb 2021 14:55 WIB

HP NonGMS Xiaomi China tak Bisa Instal Layanan Google

Xiaomi memiliki sejumlah perangkat non GMS di China.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Xiaomi Mi 11.
Foto: xoaomi
Xiaomi Mi 11.

REPUBLIKA.CO.ID, HAIDIAN -- Sebagian pengguna Xiaomi di China tidak lagi memiliki opsi langsung untuk mengunduh layanan Google. Dilansir dari GSMArena, Kamis (4/2), staf pendukung MIUI telah mengumumkan mulai bulan ini, ponsel Mi dan Redmi, yang dibeli tanpa GMS (Google Mobile Services) yang sudah diinstal sebelumnya, tidak dapat lagi mengunduhnya dengan bebas.

Perangkat yang akan terpengaruh oleh perubahan ini sebagian besar adalah ponsel khusus China, seperti ponsel Mi 10 Ultra, Redmi K30 Ultra dan seri Redmi 10X. Pengguna yang ingin memiliki GMS disarankan untuk menggunakan layanan pihak ketiga seperti platform CoolAPK yang memungkinkan aplikasi sideload.

Baca Juga

Untuk diketahui, perusahaan smartphone ini telah meluncurkan sebagian perangkat mereka di China tanpa Google Mobile Services (GMS), karena semua platform Google dibatasi di negara China. Namun pengguna biasanya dapat mengunduhnya jika mereka berencana menggunakan ponsel di luar China Daratan atau melalui VPN. 

Sebenarnya, ada banyak peminat yang memilih untuk membeli ponsel dari China dan kemudian mengimpornya ke negara asalnya. Hal ini karena ponsel yang dirilis di China mungkin lebih murah atau karena mereka menyukai model yang tidak tersedia di negara mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement