Ahad 31 Jan 2021 16:43 WIB

Ilmuwan Temukan Pewarna Ungu di Zaman Nabi Daud dan Sulaiman

Pewarna ungu sering kali lebih berharga dibandingkan emas.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Para arkeolog menemukan kain berwarna ungu yang diyakini berasal dari masa pemerintahan Nabi Daud AS dan Nabi Sulaiman AS di Israel.
Foto:

Sukenik mengatakan untuk pertama kalinya memiliki bukti langsung dari kain yang diwarnai itu yang diawetkan selama sekitar 3.000 tahun lalu. Ekpedisi arkeologi di Timna, sebuah tambang tembaga kuno yang luas telah dilakukan sejak 2013.

“Sebagai hasil dari iklim yang sangat kering di kawasan ini, kami juga dapat memulihkan bahan organik seperti tekstil, kabel, dan kulit dari Zaman Besi hingga Zaman Daud dan Sulaiman, memberi pandangen unik tentang kehidupan di zaman tersebut,” kata Erez ben-Yosef, seorang profesor dari Departemen Arkeologi di Universitas Tel Aviv.

Di Zaman Besi, peleburan tembaga membutuhkan pemahaman ahli tingkat lanjut, seperti halnya pencarian dan pengolahan minyak di zaman moderen. Orang-orang di masa itu yang memiliki pengetahuan ini dianggap seperti pakar teknologi tinggi.

Situs peleburan terbesar di Lembah Timna dikenal sebagai Slaves Hill (Bukit Budak) dan dipenuhi dengan tumpukan limbah industri, seperti terak dari tungku peleburan. Salah satu tumpukan ini menghasilkan tiga potongan kain berwarna, di mana ini segera menarik perhatian para peneliti, yang kemudian merasa sulit untuk percaya bahwa mereka telah menemukan warna ungu asli dari periode kuno tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement