Rabu 27 Jan 2021 15:07 WIB

Mineral Mars Ditemukan di Inti Es Antartika

Mineral jarosite yang ada di Mars juga terdapat di inti es Antartika.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars

Partikel-partikel itu juga terlihat retak dan tidak memiliki tepi tajam, tanda bahwa mereka telah terbentuk dan terkikis dari serangan kimiawi di kantong di dalam es.

Karya tersebut menunjukkan bentuk jarosit di Mars dengan cara yang sama, menurut Megan Elwood Madden, ahli geokimia di University of Oklahoma yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.  Tapi dia bertanya-tanya apakah proses itu bisa menjelaskan kelimpahan besar jarosite di Mars.  

"Di Mars, ini bukan hanya film tipis. Ini adalah endapan setebal beberapa meter,"katanya.

Baccolo mengakui bahwa inti es hanya mengandung sejumlah kecil jarosite, partikel yang lebih kecil dari bulu mata atau butiran pasir. Namun dia menjelaskan bahwa ada lebih banyak debu di Mars daripada di Antartika, yang hanya menerima sedikit abu dan kotoran di udara dari benua utara.  

"Mars adalah tempat yang sangat berdebu, semuanya tertutup debu. Lebih banyak abu akan mendukung lebih banyak pembentukan jarosit di bawah kondisi yang tepat," kata Baccolo.

Baccolo ingin menggunakan inti Antartika untuk menyelidiki apakah endapan es Mars kuno adalah kuali untuk pembentukan mineral lain. Dia mengatakan jarosite menunjukkan bagaimana gletser bukan hanya mesin pengukir tanah, tetapi mungkin juga berkontribusi pada susunan kimiawi Mars.

"Ini hanyalah langkah pertama dalam menghubungkan es Antartika yang dalam dengan lingkungan Mars," ujarnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement