Rabu 27 Jan 2021 12:30 WIB

Gorila Positif Covid-19 di San Diego Diterapi Antibodi

Gorila San Diego menerima terapi antibodi monoklonal, obat jantung dan antibiotik.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Gorila. Ilustrasi
Foto:

Perawatan antibodi monoklonal yang digunakan untuk mengobati manusia telah terbukti mengurangi viral load dan menurunkan risiko rawat inap dan bahkan kematian. Tidak seperti vaksin yang membutuhkan waktu beberapa minggu untuk bekerja, perawatan antibodi dapat langsung bekerja.

Dengan bantuan dokter hewan, profesional dan spesialis perawatan satwa liar, seluruh pasukan berada di jalur yang tepat untuk pulih sepenuhnya. Saat ini Winston dan delapan anggota gorilla lainnya telah menuju pemulihan penuh, serta mulai makan, minum, dan berinteraksi satu sama lain.

“San Diego Zoo Global dengan lega mengumumkan bahwa pasukan beranggotakan delapan orang itu makan, minum, berinteraksi dan dalam perjalanan menuju pemulihan penuh," jelas San Diego Zoo Safari Park.

Dalam rilis tersebut, disebutkan bahwa tim dokter hewan di Kebun Binatang San Diego telah bekerja dengan spesialis dari seluruh dunia untuk mengamankan pasokan vaksinasi terbatas yang dimaksudkan hanya untuk digunakan pada hewan. Petugas kebun binatang  juga mulai mengidentifikasi kandidat untuk vaksin protein lonjakan di Kebun Binatang San Diego dan San Diego Zoo Safari Park.

San Diego Zoo Global juga mengatakan akan terus berbagi apa yang telah dipelajari tentang mengekang penularan penyakit zoonosis, protokol biosekuriti dalam perawatan terkelola dan pengaturan lapangan, serta implikasinya untuk memastikan hasil kesehatan yang optimal bagi manusia dan satwa liar secara global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement