Senin 18 Jan 2021 20:08 WIB

Pasien Sudah Sembuh Tapi Hasil PCR Positif, Bagaimana Ya?

Pasien sembuh masih positif bisa jadi masih ada fragmen virus mati yang terdeteksi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Covid-19
Foto:

Berdasarkan pengalaman pasiennya, kata dia, ada pasiennya yang sampai tiga bulan tak bisa masuk kerja karena saat dites masih positif.

"Ini memang butuh dipahami. Dan tolong dipahami juga, harus menghindari menyalahkan orang kalau terkena Covid-19, misalnya, menyalahkan tertular karena si A. Tolong jangan seperti itu," katanya.

Tjatur menjelaskan, hitungan virus Covid itu masih ada sekitar 10 hari. Yakni, dimulai dari H-1 saat diambil swab-nya. "H-1 saat di-swab sebaiknya sudah isolasi mandiri. Karena ada potensi suspek kontak erat dengan orang lain," katanya.

Sedangkan, untuk yang gejala ringan, kata dia, 10 hari muncul gejalanya plus tiga hari setelah itu. Jadi, harus paham kapan virus mulai timbul tenggelam.

"Kalau setelah sembuh tiga hari tanpa gejala lagi, ini sembuh tak bisa menularkan lagi," katanya.

Adapun gejala suspek Covid-19, kata dia, secara klinis gejalanya demam akut, riwayat batuk. Kemudian, selama kurang lebih tiga hari demam, kelelahan, batuk, sakit kepala, mual, sesak napas, diare, muntah, dan turun kesadaran.

"Kalau gejala epidemiologis dalam 14 hari sebelum timbul gejala pernah pergi ke luar negeri, bekerja di tempat yang berisiko tinggi penyebaran," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement