Jumat 15 Jan 2021 08:50 WIB

Cara Tekan Risiko Penularan Virus di Gedung Pertunjukan

Jerman telah dua kali meneliti risiko penularan virus di gedung pertunjukan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Konser yang menampilkan musisi Uceli Quartet di Gran Teatre del Liceu, Barcelona, Spanyol ditonton oleh tanaman. Ini merupakan konser perdana sejak lockdown dicabut.
Foto:

Studi ini menemukan bahwa penularannya "rendah" selama peserta mengikuti protokol kesehatan yang benar dan kapasitas tempat terbatas, di tempat dengan ventilasi yang baik.

“Tidak ada alasan untuk tidak mengadakan konser seperti itu. Risiko tertular sangat rendah,” kata salah satu tim peneliti, Dr Michael Gekle.

Belum lama ini, pakar kesehatan penyakit menular Amerika Dr Anthony Fauci mengatakan, jika prosedur vaksin berjalan sesuai rencana, konser musik bisa digelar secara fisik pada musim gugur atau sekitar bulan September 2021.

“Jika semuanya berjalan dengan baik, dengan 70 sampai 85 persen populasi divaksinasi untuk mencapai kekebalan komunitas, konser bisa digelar pada musim gugur 2021. Ketika herd immunity terjadi, kita akan merasa aman untuk menonton konser,” kata Fauci.

Selain konser, menurut perhitungan Fauci, pada musim gugur semua kegiatan yang melibatkan banyak orang akan bisa dihelat kembali. Semua orang juga akan merasa lebih aman untuk berada di kerumunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement