Rabu 13 Jan 2021 12:14 WIB

Chip Intel Alder Lake Bakal Jadi Penantang Chip M1 Apple

Alder Lake mengunakan trik yang digunakan di smartphone dan M1 Apple.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Prosesor Alder Lake Intel.
Foto:

Pergeseran Intel dari proses 14nm yang lebih lama ke 10nm berlangsung beberapa tahun dan masih berlangsung lambat. Alder Lake akan menggunakan versi terbaru dari proses yang menawarkan transistor lebih cepat, sebuah langkah penting dalam mencocokkan kecepatan tertinggi dari proses 14nm.

Sisi lain, Apple sekarang memindahkan keluarga Mac-nya dari chip Intel untuk mendukung prosesor seri M-nya sendiri, dimulai dengan M1 di MacBook Air baru dan laptop MacBook Pro yang lebih kecil.

Mesin tersebut menetapkan ekspektasi baru untuk kinerja dan daya laptop. Mereka tidak menjalankan Windows, tetapi mereka akan menarik loyalis Apple dan dapat memikat pemilik PC Windows.

Apple tidak membuat chipnya sendiri, tetapi diuntungkan dari kemampuan Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp, yang telah mendahului Intel dengan proses manufaktur 7nm dan sekarang 5nm. Dengan keunggulan miniaturisasi proses baru, Apple mampu menjejalkan lebih banyak sirkuit pemrosesan sementara Intel harus menggunakan kembali desain yang ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement