Rabu 06 Jan 2021 16:46 WIB

Pakar Khawatir Strain Covid-19 Afrika Selatan Kebal Vaksin

Ilmuwan menduga strain Afrika Selatan lebih mengkhawatirkan daripada varian Inggris.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Penyebaran Virus Corona.
Foto:

Memiliki kesamaan dengan mutasi di Inggris

Strain 501.V2 memiliki beberapa kesamaan dengan B.1.1.7, tetapi keduanya tidak identik. Keduanya termasuk kumpulan beberapa mutasi yang berbeda. Laporan dari Afrika Selatan menunjukkan bahwa mutasi mungkin juga berdampak pada tingkat keparahan penyakit, dengan lebih banyak pasien muda terlihat mengalami komplikasi.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan bahwa strain Afrika Selatan lebih mengkhawatirkan daripada B.1.1.7.

"Saya sangat khawatir tentang varian Afrika Selatan, dan itulah mengapa kami mengambil tindakan yang kami lakukan untuk membatasi semua penerbangan dari Afrika Selatan," kata Hancock.

"Menurutnya ini adalah masalah yang sangat, sangat signifikan, dan ini bahkan lebih menjadi masalah daripada varian baru Inggris," kata dia.

Hancock tidak merinci atau membagikan data tambahan untuk mendukung klaimnya. Namun, para peneliti khawatir bahwa strain Afrika Selatan mungkin menghindari vaksin.

"Keduanya memiliki banyak mutasi yang berbeda di dalamnya, jadi mereka bukan mutasi tunggal," kata John Bell dari Universitas Oxford.

"Dan mutasi yang terkait dengan bentuk Afrika Selatan adalah perubahan yang sangat substansial dalam struktur protein (lonjakan virus)." tambahnya.

Bell mengatakan ada pertanyaan apakah vaksin Pfizer / BioNTech dan AstraZeneca / Oxford dapat dinonaktifkan oleh 501.V2. Dia mengatakan tim obat Oxford sedang menyelidiki efek dari dua jenis pada vaksin. Firasatnya adalah bahwa obat tersebut akan bekerja melawan B.1.1.7, tetapi dia tidak yakin dengan versi Afrika Selatannya.

Ahli tersebut mengatakan bahwa jika vaksin tidak bekerja melawan salah satu strain baru, obat tersebut dapat diadaptasi. Prosesnya tidak akan memakan waktu satu tahun.

CEO BioNTech Uğur Şahin mengatakan beberapa minggu lalu bahwa perusahaan akan membutuhkan enam minggu untuk memodifikasi vaksin untuk strain baru. Hal serupa terjadi dengan vaksin flu yang harus diperbarui setiap tahun untuk memperhitungkan berbagai mutasi yang mungkin didapat beberapa virus flu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement