Selasa 05 Jan 2021 14:42 WIB

Benarkah Objek Langit Oumuamua adalah Puing Teknologi Alien?

Provesor Harvard menulis bahwa Oumuamua adalah sisa-sisa teknologi alien.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Oumuamua, Benda langit yang pernah disangka kapal Alien
Foto:

Sebagai permulaan, bentuk benda itu sangat tidak biasa. Para peneliti telah mengajukan teori yang berpotensi menjelaskan bagaimana sebuah asteroid bisa berbentuk seperti cerutu dari waktu ke waktu. Faktanya, belum pernah ada objek seperti itu. Selain itu, kecepatan benda tersebut saat keluar dari tata surya cukup aneh. Setelah sebuah benda mengelilingi Matahari, benda itu akan melambat karena kecepatannya menjauh dari bintang karena tarikan gravitasi. Itu tidak terjadi dengan Oumuamua.

Beberapa ilmuwan telah mengusulkan bahwa objek itu "mengeluarkan gas," atau mendorong dirinya sendiri dan mendapatkan kecepatan karena gas panas yang keluar setelah pertemuan dekat dengan Matahari. Itu mungkin saja, tetapi Loeb menyarankan penjelasan lain

Seperti yang dilaporkan SlashGear, Loeb akan merilis sebuah buku baru. Di dalam  buku itu dia berpendapat bahwa, berdasarkan perhitungan baru, objek tersebut mungkin tidak panjang dan silindris, tetapi sebenarnya tipis dan berbentuk cakram.

Loeb berpendapat bahwa itu mungkin sisa-sisa teknologi alien. Sekarang objeknya sudah lama hilang. Hanya ada sedikit data yang berhasil dipelajari berulang kali sehingga sulit memastikan  apa sebenarnya Oumuamua itu.

Teori Loeb menggoda, karena itu berarti ada peradaban alien yang mungkin tinggal di dekatnya. Jika kita melihat sampahnya, kita mungkin akhirnya bisa melihat siapa yang membuatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement