Senin 04 Jan 2021 15:43 WIB

Inggris akan Luncurkan Penjelajah Bulan Pertama

Asagumo, robot penjelajah bulan dari Inggris.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
 Spacebit Mission One akan menjadi misi bulan robotik pertama di Inggris Raya.
Foto: spacebit
Spacebit Mission One akan menjadi misi bulan robotik pertama di Inggris Raya.

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS -- Spacebit Mission One akan menjadi misi bulan robotik pertama di Inggris Raya. Tujuan utamanya adalah untuk mengantarkan penjelajah permukaan Bulan bernama Asagumo pada bulan Juli. Misi ini juga akan mendemonstrasikan teknologi eksplorasi bulan baru yang terkait dengan tabung lava bulan.

Penjelajah bertenaga surya ini dibangun di atas kerangka satu unit CubeSat yang biasanya digunakan untuk satelit kecil. Beratnya hanya 2,9 pon. Bukan menggunakan roda atau trek, penjelajah ini menggunakan kaki seperti laba-laba untuk mobilitas.

Baca Juga

Dilansir dari Techeblog, Senin (4/1), desainnya yang unik membuat bajak sangat murah untuk dibangun. Keempat kakinya memungkinkannya melintasi medan terjal dengan mudah, serta mengakses permukaan yang tidak dapat diakses oleh bajak standar. Namun, perusahaan Spacebit ini pada akhirnya dapat membangun bajak dengan kedua kaki dan roda.

Perusahaan tersebut menguji Asagumo di Gua Komokado Kazaana Jepang untuk mempelajari tabung lava. Tabung lava di Gua Komokado Kazaana Jepang  bisa menyerupai tabung lava yang ditemukan di permukaan bulan.

"Pengujian ini merupakan simbol untuk mengekspresikan hubungan erat bajak dengan nama Jepangnya. Eksplorasi tabung lava Asagumo merupakan langkah besar tidak hanya untuk Spacebit, tetapi juga untuk teknologi bulan dan kemajuan pengembangan," kata perusahaan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement