Sabtu 26 Dec 2020 18:06 WIB

Logam dari Zaman Perunggu Ditemukan di Inggris

Logam 33 mm dinyatakan sebagai harta karun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Logam dari zaman perunggu ditemukan di Inggris pada 2014.
Foto: hexham-courant
Logam dari zaman perunggu ditemukan di Inggris pada 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, NORTHUMBERLAND — Sebuah perhiasan emas murni ditemukan di Northumberland, Inggris beberapa tahun lalu. Otoritas menyatakan perhiasan itu sebagai harta karun.

Perhiasan ini berasal dari zaman perunggu. Pemeriksaan resmi di County Hall di Morpeth mengatakan perhiasan sepanjang 33 mm ini digambarkan sebagai salah satu benda logam paling awal yang ditemukan di Inggris Raya. Benda ini  dianggap sebagai pengikat rambut atau hiasan yang dikenakan pada pakaian berasal dari 2400 SM.

Baca Juga

Dilansir dari Hexham Courant, Sabtu (26/12), artefak, yang terbuat dari emas murni, ditemukan di Kirkhaugh Cairns dekat Alston pada 2014 oleh empat anak muda. Menurut laporan Eleanor Cox dari British Museum, benda yang cocok ditemukan di situs tersebut pada 1935, selama penggalian yang dipimpin oleh Herbet Maryon.

Secara tidak tak terduga, dua pemuda yang menemukan harta karun itu adalah bersaudara Sebastian dan Luca Alderson. Mereka adalah cucu buyut Joseph William Alderson, yang merupakan bagian dari tim 1935.

Anak laki-laki lainnya adalah Joseph dan Aidan Bell. Keempatnya mengambil bagian dalam proyek Altogether Archaeology untuk North Pennines AONB.

Pada pemeriksaan Kamis (17/12), penjabat koroner senior untuk South Northumberland Andrew Herrington memutuskan benda itu memang harta karun di bawah Undang-Undang Harta Karun 1996. Lantaran benda itu sekarang telah dinyatakan sebagai harta karun, benda itu harus ditawarkan untuk dijual ke museum dengan harga yang ditetapkan oleh dewan independent.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement