Selasa 13 Oct 2020 21:16 WIB

Tingkat Kebisingan Turun Selama Pandemi

Tingkat suara rata-rata harian turun hampir 3 desibel di bulan Maret dan April.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Kebisingan dari transportasi umum. ilustrasi
Foto: abc
Kebisingan dari transportasi umum. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN -- Pandemi COVID-19 telah membawa banyak kesulitan pada tahun ini. Namun, salah satu manfaat dari pembatasan sosial adalah kita tidak terlalu terpapar oleh kebisingan lingkungan.

Para peneliti melihat data desibel yang dikumpulkan oleh 5.894 Apple Watch dan pemilik iPhone. Data ini mencakup lebih dari setengah juta tingkat kebisingan harian secara total, sebelum dan setelah dimulainya pandemi.

Baca Juga

Tingkat suara rata-rata harian turun hampir 3 desibel di bulan Maret dan April, dibandingkan dengan Januari dan Februari.

Ini merupakan perkembangan positif yang menyangkut telinga. Sebab, paparan suara kronis dikaitkan dengan gangguan pendengaran, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan lainnya.

"Itu adalah pengurangan yang sangat besar dalam hal keterpaparan dan itu bisa berdampak besar pada hasil kesehatan orang secara keseluruhan dari waktu ke waktu," kata ilmuwan eksposur, Rick Neitzel, dari Universitas Michigan, dilansir di Science Alert, Selasa (13/10).

"Analisis ini mendemonstrasikan kegunaan dari penggunaan perangkat digital sehari-hari dalam mengevaluasi perilaku dan eksposur sehari-hari," ucap dia.

Penurunan rata-rata 3 desibel mewakili separuh dari energi suara yang dihadapkan pada peserta. Di semua sampel, penurunan berasal dari rata-rata harian 73,2 dBA sebelum langkah-langkah pembatasan diperkenalkan ke 70,6 dBA sesudahnya. Apa pun di atas tanda 70 dBA memiliki risiko merusak pendengaran seiring waktu.

Awalnya penurunan terbesar dalam paparan suara terlihat pada akhir pekan, tetapi saat orang mulai bekerja dari rumah, penurunan ini mulai berkurang. Saat lockdown diberlakukan, ada sedikit perbedaan antara akhir pekan dan hari kerja dalam hal tingkat suara.

Data dikumpulkan di empat negara bagian yang berbeda di AS, dan pola pengurangan kebisingan mencerminkan langkah-langkah pembatasan yang diberlakukan oleh masing-masing wilayah ini, dengan beberapa ditutup lebih menyeluruh daripada yang lain.

"California dan New York sama-sama mengalami pengurangan suara yang sangat drastis yang terjadi dengan sangat cepat, sedangkan Florida dan Texas memiliki pengurangan yang lebih sedikit," kata Neitzel.

Hasilnya datang sebagai bagian dari Studi Pendengaran Apple Kesehatan Masyarakat Michigan yang sedang berlangsung. Salah satu keuntungan utama menggunakan perangkat yang dapat dikenakan dan ponsel untuk pemantauan ini adalah pemantauan ini sangat pribadi dan spesifik.

Ini merupakan cerminan yang jauh lebih baik dari paparan kebisingan seseorang daripada sensor suara yang dipasang di ruang publik.

Versi Apple Watch dan iPhone yang lebih baru dilengkapi dengan pengukur kebisingan internal. Fitur ini akan memperingatkan pengguna jika mereka terpapar ke tingkat kebisingan yang tidak aman untuk jangka waktu yang lama.

Perlu diingat bahwa dalam studi ini, data hanya mewakili pengguna iPhone dan Apple Watch, jadi sampel yang lebih luas diperlukan untuk mendapatkan tampilan yang lebih representatif pada tingkat kebisingan.

Para peneliti mengatakan jenis pemantauan kebisingan yang selalu aktif dan dipersonalisasi ini memungkinkan analisis yang lebih rinci. Misalnya, data dapat dipecah untuk memberikan informasi yang dikategorikan berdasarkan usia, lokasi, atau kondisi seseorang.

"Ini adalah pertanyaan yang kami miliki selama bertahun-tahun dan sekarang kami mulai memiliki data yang memungkinkan kami untuk menjawabnya," kata Neitzel.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Environmental Research Letters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement