Kamis 08 Oct 2020 12:58 WIB

Prosesor Dekstop Rocket Lake Generasi ke-11 Intel Rilis 2021

Prosesor Intel akan keluar kuartal pertama 2021.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Prosesor Intel
Prosesor Intel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Intel mengkonfirmasi prosesor desktop Rocket Lake Generasi ke-11 akan keluar pada kuartal pertama 2021, dengan dukungan PCle 4.0.

Sementara itu, AMD juga akan meluncurkan CPU pertamanya berdasarkan arsitektur Zen 3 generasi berikutnya untuk komputer desktop. Peluncuran ini yang hampir pasti akan memberikan persaingan paling besar untuk dominasi Intel dalam PC bertenaga tinggi.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Kamis (8/10), konfirmasi Intel bahwa memiliki chip baru yang akan diluncurkan tahun depan terasa seperti pengingat bagi pembuat PC, bahwa ada opsi yang tersedia di luar perangkat keras mencolok yang diumumkan AMD.

Videocardz melaporkan chip Intel tersebut akan tiba pada Maret 2021. Chip Rocket Lake-S yang baru juga dikatakan kompatibel dengan motherboard Intel 400-series yang ada, yang seharusnya berguna bagi siapa pun yang ingin meningkatkan tahun depan ketika chip baru diluncurkan.

Wccftech juga memiliki beberapa informasi lebih lanjut tentang apa yang diharapkan dari perombakan besar berikutnya dari prosesor desktop Intel. Prosesor yang abru diperkirakan masih menggunakan proses 14nm yang telah digunakan Intel selama bertahun-tahun.

Namun, Wccftech mengklaim Intel akan melakukan backport pada beberapa perbaikan arsitektur yang dikeluarkan dengan arsitektur Willow Cove dari prosesor seluler Generasi ke-11. Chip baru ini seharusnya menawarkan beberapa peningkatan yang lebih substansial meskipun faktanya Intel belum berhasil merilis produk desktop 10nm-nya.

Selain PCIe 4.0, jajaran Rocket Lake-S yang baru juga diharapkan menawarkan grafis Xe baru perusahaan, bersama dengan dukungan Thunderbolt 4 (dan USB4) terintegrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement