Rabu 09 Sep 2020 12:38 WIB

NASA Deteksi 5 Asteroid Lintasi Bumi Pekan Ini

Asteroid yang melintas berukuran antara 10 meter dan lebih dari 70 meter.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Asteroid/ilustrasi
Foto: EPA
Asteroid/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS) Badan Antariksa AS (NASA) melaporkan setidaknya lima asteroid diprediksi melintasi planet kita pekan ini. Asteroid yang melintas berukuran antara 10 meter dan lebih dari 70 meter.

Dilansir di SputnikNews, Rabu (9/9) disebutkan, satu batu, yang dijuluki RJ 2020, yang diperkirakan berdiameter hampir 42 meter, akan melewati Bumi Selasa malam, kira-kira pada jarak 1,2 juta km.  Asteroid lain, bernama 2020 RW akan terbang di dekatnya pada 10 September, diikuti oleh RM 2020, yang akan mendekati Bumi sedekat satu juta kilometer.

Baca Juga

Asteroid yang lebih besar kemudian diperkirakan melintas pada Sabtu, 2020 RM15. Asteroid ini diperkirakan bisa mencapai ukuran 75 meter melaju dengan kecepatan 9,78 kilometer per detik. Terakhir, Bumi akan didekati asteroid 2017 US.

Selain itu, beberapa asteroid yang sebelumnya terlihat oleh NCEOS telah melewati Bumi minggu ini, termasuk PT4 2020 yang berukuran kecil. Meski dianggap relatif kecil, asteroid jenis ini mungkin lebih sulit dideteksi oleh para astronom.

Badan Antariksa Eropa (ESA) mencatat bahwa hingga 95 persen 'penyusup' ruang angkasa dengan diameter lebih dari satu kilometer dapat ditemukan oleh otoritas luar angkasa.  Sementara sebagian besar objek yang lebih kecil tetap tidak terdeteksi. Namun, benda yang tak terdeteksi ini berpotensi menciptakan situasi berbahaya bagi planet kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement