Rabu 24 Jun 2020 17:18 WIB

6.602 Pelajar Bersaing di Kompetisi Matematika Internasional

Tahun ini KPM dipercaya sebagai penyelenggara tunggal IKMC di Indonesia

Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Ahad (21/6) lalu, menggelar International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) secara daring.
Foto: Klinik Pendidikan MIPA
Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Ahad (21/6) lalu, menggelar International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Ahad (21/6) lalu, menggelar International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) secara daring. Acara diikuti 6.602 pelajar.

International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) adalah sebuah kompetisi matematika Internasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991 oleh Association Kangourou Sans Frontières yang diikuti lebih dari 92 negara. Pada tahun 2020 ini KPM telah dipercaya sebagai penyelenggara tunggal di Indonesia.

Baca Juga

Kepala Divisi Lomba, Muchammad Fachri, mengatakan meskipun di masa pandemi Covid-19, semangat pelajar untuk mengasah kemampuan dan mengukir prestasi tak boleh padam. Terlebih, Indonesia masih menyimpan bibit-bibit potensial di bidang Matematika.

“Semoga hadirnya IKMC Online ini dapat semakin menumbuhkan kecintaan terhadap mata pelajaran Matematika serta mengajak para siswa untuk belajar mengenai nilai-nilai pantang menyerah, jujur, dan menjunjung tinggi sportivitas,” kata Fachri dalam siaran pers KPM, Rabu (24/6).

Meskipun diselenggarakan secara daring, perhelatan IKMC tetap disambut antusias salah satu peserta, Aurelia Auma Nufaiza. “Saya sangat senang bisa mengikuti lomba KPM lagi. Meskipun dengan sistem online nggak menyurutkan niat saya untuk berusaha,” kata Aurelia.

Siswi kelas 5 SD Hang Tuah 1 Surabaya ini mengaku soal IKMC ini lebih menantang karena mengandalkan logika dan nalar bukan cuma hitungan saja. “Alhamdulillah selama tes berlangsung berjalan lancar tidak ada kendala,” pungkas Aurelia melalui Direct Message Instagram KPM Seikhlasnya.

Sementara itu, menurut Nabil Athadaffa Muliawan, siswa kelas 5 SDI Al Azhar 2 Pasar Minggu ini mengaku bersyukur sangat terbantu dengan adanya pembinaan sebelum kompetisi. “Ketika pelatihan dan pembahasan, soal sudah dilengkapi dengan animasi yang bikin saya lebih cepat memahami soal,” ungkap Nabil melalui melalui Direct Message Instagram KPM Seikhlasnya.

Adapun pengumuman hasil IKMC Online 2020 akan disampaikan pada 11 Juli 2020 melalui laman www.kpm.read1institute.org. Sedangkan para peserta yang meraih penghargaan terbaik akan diumumkan melalui siaran langsung di Channel YouTube KPM Seikhlasnya.

Saat ini KPM yang berpusat di Kabupaten Bogor telah memiliki agenda pelatihan siswa dan kompetisi lainnya. Antara lain Read1 Online Science Competition (ROSC), Pelatihan Online Siswa Berbakat, Seminar Cara Berpikir Suprarasional, dan MIPA RIA. Bagi siswa dan guru yang ingin bergabung dalam kegiatan tersebut dapat mengunjungi laman www.kpm.read1institute.org atau menghubungi 0812.8188.2562 / 0812.8546.962.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement