Selasa 21 Apr 2020 14:13 WIB

Borisov, Komet Antarbintang yang Misterius

Tahun lalu 21/Borisov terdeteksi di Tata Surya.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Borisov, menjadi komet antarbintang pertama yang mendekati matahari.
Foto: Yale University via discover magazine
Borisov, menjadi komet antarbintang pertama yang mendekati matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan menemukan hal komet mengenai komet Borisov. Komet itu diketahui datang ke Bumi dari sistem bintang yang tidak biasa. Pada tahun lalu, komet antarbintang yang disebut sebagai 21/Borisov terdeteksi di Tata Surya.

Pengunjung misterius yang datang dari kedalaman ruang angkasa memberi para astronom peluang tak terduga untuk membandingkannya dengan komet yang terbentuk di sekitar matahari. Data terbaru menunjukkan ini mengandung sejumlah besar karbon monoksida, yang kemungkinan menjadi petunjuk di mana komet terbentuk.

Baca Juga

Temuan dirilis dalam  dua makalah ilmiah terpisah yang diterbitkan oleh Nature Astronomy.  Dilansir BBC, sebuah tim internasional yang dipimpin oleh Martin Cordiner dan Stefanie Milam dari Pusat Penerbangan Antariksa AS (NASA) Goddard Space Agency di Greenbelt, Maryland, mengarahkan Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (Alma) ke arah komet pada 15 dan 16 Desember 2019.

Alma terdiri dari 66 antena di puncak gunung di Chile yang mengamati langit pada panjang gelombang sub-milimeter. Dalam penelitian lain, Dennis Bodewits dari Auburn University di Alabama dan rekannya mengumpulkan pengamatan ultraviolet 2I / Borisov menggunakan Hubble Space Telescope (HST) dan Neil Gehrels Swift Observatory.

Komet terdiri dari gas, es, dan debu. Materi-materi membentuk dan berputar-putar di cakram yang mengelilingi bintang ketika planet-planetnya dilahirkan.

Tim mengidentifikasi dua molekul dalam gas yang dikeluarkan oleh komet: hidrogen sianida (HCN) dan karbon monoksida (CO). HCN telah terdeteksi dalam Borisov jumlah yang sama dengan yang ditemukan di komet Tata Surya.

Para peneliti menggunakan Alma untuk pengamatan mereka memperkirakan bahwa konsentrasi CO 2I / Borisov adalah antara sembilan dan 26 kali lebih tinggi daripada rata-rata komet Tata Surya.

“Ini adalah pertama kalinya terlihat di dalam sebuah komet dari luar Tata Surya. Ini sangat berbeda dari kebanyakan komet lain yang pernah terlihat sebelumnya,” ujar Cordiner.

Ye Quanzhi, seorang astronom di University of Maryland di College Park, menyebut hasil itu sangat mengejutkan. Ia yang tidak terlibat dalam studi mengatakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, terlihat bahwa Borisov mirip dengan komet 'baru secara dinamis' di Tata Surya kita (yaitu komet asli yang terbentuk di tepi Tata Surya dan cenderung memiliki konsentrasi CO yang lebih tinggi), sehingga kelimpahan CO juga tinggi terjadi.

"Sangat menyenangkan melihat bahwa tim astronom yang berbeda bekerja pada panjang gelombang yang berbeda (Hubble di ultraviolet, Alma di radio) dapat mengkonfirmasi hasil masing-masing,” jelas Quanzhi.

Karbon monoksida adalah hal yang umum ditemukan di ruang angkasa, khususnya di dalam sebagian besar komet. Tetapi, untuk alasan yang masih belum jelas, ada variasi besar dalam konsentrasi CO pada benda-benda dingin ini.

Hal itu sebagian terkait dengan di mana sistem bintang komet terbentuk. Ini juga dapat dihubungkan dengan seberapa sering orbit komet membawanya lebih dekat ke bintang, serta untuk melepaskan es yang lebih mudah diuapkan.

Cordiner mengatakan jika gas yang diamati mencerminkan komposisi tempat kelahiran 2I / Borisov, maka itu menunjukkan bahwa mungkin ini telah terbentuk dengan cara yang berbeda dari komet Tata Surya. Kemungkinan adalah di daerah yang sangat dingin dan luar dari kejauhan sistem planet.

“Komet itu pasta terbentuk dari bahan yang kaya es CO, yang hanya ada pada suhu terendah ditemukan di ruang angkasa, di bahwa -420F (-250C),” kata Milam berkomentar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement