Senin 20 Apr 2020 12:39 WIB

Satelit Cheops Milik Eropa Amati Eksoplanet Pertamanya

Cheops diluncurkan pada Desember 2019.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Astronom mendeteksi eksoplanet. (reuters)
Foto: reuters
Astronom mendeteksi eksoplanet. (reuters)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS-- Misi satelit eksoplanet baru milik Badan Antariksa Eropa (ESA) Cheops telah berhasil diselesaikan dalam waktu hampir tiga bulan. Kinerja ini melebihi ekspektasi dan Cheops sudah commissioning di orbitnya.

Satelit itu akan memulai operasi sains rutin pada akhir April. Misi ini telah memperoleh pengamatan menjanjikan dari bintang-bintang yang menjadi diorbit oleh eksoplanet, dengan banyak penemuan menarik yang akan datang.

Baca Juga

“Fase commissioning in-orbit adalah periode yang menyenangkan dan kami senang dapat memenuhi semua persyaratan,” kata manajer proyek Cheops di ESA, Nicola Rando, seperti yang dilansir dari Parabolic Arc, Senin (20/4).

Diluncurkan pada Desember 2019, Cheops atau Satellite Exoplanet Characterizing membuka mata terhadap semesta pada akhir Januari 2020, tak lama setelah mengambil gambar bintang yang sengaja dibuat kabur. Pengaburan yang disengaja adalah inti dari strategi pengamatan misi, yang meningkatkan presisi pengukuran dengan menyebarkan cahaya yang datang dari bintang-bintang melalui banyak piksel detektornya.

Dengan serangkaian pertama tes dalam penerbangan yang dilakukan antara Januari dan Februari, para ahli misi mulai menganalisis respons satelit dan khususnya teleskop dan detektor, di lingkungan ruang aktual. Beranjak ke Maret, Cheops fokus pada bintang-bintang yang sudah dipelajari.

“Untuk mengukur seberapa baik kinerja Cheops, kami pertama-tama perlu mengamati bintang yang terkenal, bintang yang stabil tanpa tanda-tanda aktivitas,” kata ilmuwan proyek Cheops di ESA, Kate Isaak.

Pendekatan ini memungkinkan tim-tim di ESA untuk memverifikasi satelit itu tepat dan stabil, seperti yang diperlukan untuk memenuhi tujuan ambisiusnya. Insinyur Sistem Utama ESA untuk Cheops, Carlos Corral van Damme mengatakan titik itu sangat stabil, yang berarti sementara teleskop mengamati bintang selama berjam-jam, sementara pesawat ruang angkasa bergerak di sepanjang orbitnya, gambar bintang tetap selalu dalam kelompok piksel yang sama dalam detektor.

“Stabilitas yang hebat seperti itu adalah kombinasi dari kinerja yang sangat baik dari peralatan dan algoritma pengarahan yang dipesan lebih dulu, dan akan sangat penting untuk memenuhi tujuan ilmiah misi. Stabilitas termal teleskop dan detektornya juga terbukti lebih baik dari yang dibutuhkan,” ujar Carlos.

Periode commissioning menunjukkan Cheops mencapai ketepatan fotometrik yang diperlukan dan ,yang penting juga menunjukkan satelit dapat diperintahkan oleh tim segmen darat sebagaimana diperlukan untuk melakukan pengamatan sains.

“Kami sangat senang ketika kami menyadari semua sistem bekerja seperti yang diharapkan atau bahkan lebih baik dari yang diharapkan atau bahkan lebih baik dari yang diharapkan,” ujar ilmuwan instrumen Cheops, Andrea Fortier.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement