Selasa 14 Apr 2020 05:33 WIB

Satelit BepiColombo dalam Perjalanan Menuju Merkurius

Satelit BepiColombo diluncurkan 2018 untuk menyelidiki Planet Merkurius.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Gambar Planet Bumi diambil menggunakan kamera bepiColombo, sesaat sebelum perjalanannya menuju Planet Merkurius.
Foto: esa
Gambar Planet Bumi diambil menggunakan kamera bepiColombo, sesaat sebelum perjalanannya menuju Planet Merkurius.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Misi BepiColombo menyelesaikan penerbangan pertamanya pada 10 April. Pesawat pesawat ruang angkasa itu datang kurang dari 12.700 km dari permukaan Bumi, dan mengarahkan lintasan menuju Merkurius.

BepiColombo adalah misi Eropa pertama untuk Merkurius. Diluncurkan pada 20 Oktober 2018, BepiColombo akan menjelajahi Merkurius, planet yang paling jarang dijelajahi di Tata Surya kita. Misi ini merupakan upaya bersama antara ESA dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), yang dilakukan di bawah kepemimpinan ESA.

Baca Juga

Diluncurkan pada 2018, BepiColombo sedang dalam perjalanan tujuh tahun ke planet terkecil dan terdalam yang mengorbit Matahari. Merkurius diduga menyimpan petunjuk penting tentang pembentukan dan evolusi seluruh Tata Surya.

Operasi pada 10 April itu adalah yang pertama dari sembilan flybys yang, bersama-sama dengan sistem propulsi surya onboard. Flybys akan membantu pesawat ruang angkasa mencapai orbit targetnya di sekitar Merkurius.

Dua flybys berikutnya akan berlangsung di Venus dan selanjutnya enam di Merkurius sendiri. Sementara manuver mengambil keuntungan dari gravitasi Bumi untuk menyesuaikan jalur pesawat ruang angkasa dan tidak memerlukan operasi aktif, seperti menembakkan pendorong.

Flybys itu adalah 34 menit kritis tak lama setelah pendekatan terdekat BepiColombo ke planet kita, ketika pesawat ruang angkasa terbang melintasi bayangan Bumi.

"Fase gerhana ini adalah bagian yang paling rumit dari flyby, dengan pesawat ruang angkasa melewati bayangan planet kita dan tidak menerima sinar matahari langsung untuk pertama kalinya setelah peluncuran," kata Elsa Montagnon, Manajer Operasi Pesawat Luar Angkasa BepiColombo untuk ESA, seperti dilansir Parabolicarc, Senin (13/4).

Untuk mempersiapkan gerhana yang dijadwalkan, operator misi mengisi penuh baterai pesawat ruang angkasa dan menghangatkan semua komponen terlebih dahulu, kemudian memantau dengan cermat suhu semua sistem di dalam pesawat selama periode dalam kegelapan. Menurut Elsa, selalu menegangkan untuk mengetahui  panel surya pesawat ruang angkasa tidak bermandikan sinar matahari.

“Ketika kami melihat sel surya telah memulai kembali untuk menghasilkan arus listrik, kami tahu BepiColombo akhirnya keluar dari bayangan Bumi dan siap untuk melanjutkan perjalanan antarplanetnya,” jelas Elsa.

Manuver, yang telah diprogram jauh sebelumnya dan tidak mungkin ditunda, harus dipersiapkan dengan personel terbatas di tempat, di tengah langkah-langkah social distancing dalam menanggapi pandemi virus corona jenis baru (covid-19) yang sedang berlangsung. Beruntung, pembatasan tidak berdampak pada keberhasilan operasi.

Ketika BepiColombo digerakkan ke Bumi, sebagian besar instrumen ilmiah tentang Mercury Planetary Orbiter ESA atau salah satu dari dua pesawat ruang angkasa sains yang membentuk misi dinyalakan. Beberapa sensor juga aktif pada komponen kedua dari misi, Mercury Magnetospheric Orbiter JAXA, juga dikenal sebagai Mio.

Para ilmuwan akan menggunakan data yang dikumpulkan selama flyby, yang meliputi gambar Bulan dan pengukuran medan magnet Bumi saat pesawat ruang angkasa melintas, untuk mengkalibrasi instrumen yang akan, pada 2026, menyelidiki Merkurius untuk memecahkan misteri bagaimana planet itu terbentuk.

Sementara itu, pada 9 April, menjelang flyby, tepat sebelum mendekati, kamera pemantau BepiColombo mengambil serangkaian gambar Bumi dari luar angkasa, menggambarkan planet kita di masa-masa sulit ini bagi manusia di seluruh Eropa dan dunia.

“Gambar dari luar angkasa menunjukkan planet kita, rumah bersama yang kita bagi, dalam salah satu periode paling menyusahkan dan tidak pasti yang telah kita alami,” kata Günther Hasinger, Direktur Sains ESA, yang juga mengikuti acara tersebut jauh dari rumah, di Spanyol.

Apa itu BepiColombo?

BepiColombo terdiri dari dua pengorbit ilmiah: Mercury Planetary Orbiter (MPO) ESA dan Mercury Magnetospheric Orbiter (Mio) dari JAXA. Setelah tiba di Merkurius pada akhir 2025, akan diperlukan lebih dari 15 manuver tambahan untuk menempatkan kedua pengorbit dalam orbit kutub khusus mereka di sekitar planet ini.

Memulai operasi sains pada awal 2026, kedua pengorbit akan mengumpulkan data selama misi nominal satu tahun, dengan kemungkinan perpanjangan satu tahun. Misi ini dinamai dari nama seorang ahli matematika dan insinyur Italia Giuseppe (Bepi) Colombo (1920-1984).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement