Rabu 08 Apr 2020 15:48 WIB

Peneliti Rilis Gambar Detail Api Kosmik Lubang Hitam

Gambar detail lubang hitam dihasilkan dari gabungan teleskop radio di seluruh dunia.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilmuwan merilis foto detail lubang hitam.
Foto: EHT via science mag
Ilmuwan merilis foto detail lubang hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Tim di balik gambar pertama lubang hitam tahun lalu kini telah merilis gambar paling detail tentang jantung quasar.  Gambar itu tidak hanya menangkap quasar atau ​​lubang hitam supermasif yang dikelilingi oleh gas dan debu yang sangat panas, tetapi pancaran materi yang keluar ke alam semesta dengan kecepatan cahaya yang mendekati itu.

Dengan menggabungkan data dari teleskop radio sejauh Hawaii, Spanyol, Chili, dan Kutub Selatan, Event Horizon Telescope (EHT) dapat mencapai detail yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Baca Juga

Dilansir di Science Mag, Rabu (8/4), disebutkan, hal ini memungkinkan para peneliti untuk membayangkan lubang hitam di pusat galaksi M87, 55 juta tahun cahaya, dalam pengamatan dari tahun 2017.

Selama pengamatan yang sama, Gizmodo Australia melaporkan, teleskop itu juga melihat quasar 3C 279, yang 100 kali lebih jauh. Data tersebut sekarang telah mengungkapkan gambar yang menunjukkan gumpalan yang diduga menunjukkan materi super panas yang berputar-putar di sekitar lubang hitam, dan di bawahnya sebuah pancaran partikel ditembakkan ke ruang angkasa.

Detail-detail ini dapat membantu para ahli astrofisika memahami bagaimana gravitasi ekstrim dan medan magnet berkonspirasi untuk menciptakan selang api kosmik.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement