Rabu 08 Apr 2020 05:47 WIB

Aurora Panaskan Suhu di Atmosfer Saturnus

Suhu di atmosfer Saturnus mencapai 325 derajat celsius.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Saturnus Jupiter Uranus
Foto: space.com
Saturnus Jupiter Uranus

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Aurora Saturnus dapat memanaskan atmosfir planet tersebut seperti pemanggang listrik. Pengukuran dari orbit terakhir pesawat ruang angkasa Cassini NASA menunjukkan bahwa atmosfer atas Saturnus paling panas di mana aurora-nya bercahaya.

Dilansir di Science News, Selasa (7/4), temuan ini disebutkan dapat membantu memecahkan misteri lama tentang planet-planet luar. Atmosfer atas Saturnus jauh lebih panas daripada yang diperkirakan para ilmuwan pertama kali berdasarkan jarak planet dari matahari. 

Baca Juga

Faktanya, semua planet gas raksasa (Saturnus, Yupiter, Uranus dan Neptunus) diperkirakan memiliki atmosfer atas yang dingin sekitar 150 kelvin (–123 derajat Celcius).

Tetapi data dari pesawat ruang angkasa Voyager, yang terbang melewati planet-planet luar pada tahun 1970-an dan 1980-an, secara mengejutkan menunjukkan atmosfer atas yang memanggang 400 hingga 600 kelvin (125 derajat hingga 325 derajat C).

Ilmuwan planet menyebut ketidakcocokan ini sebagai krisis energi. Sesuatu menyuntikkan energi ekstra ke atmosfer gas raksasa, tetapi tidak ada yang tahu apa.

"Mencoba menjelaskan mengapa suhu ini begitu tinggi telah lama menjadi tujuan dalam fisika atmosfer planet," kata ilmuwan planet Ron Vervack dari Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins.

Data dari minggu-minggu yang hilang di pesawat ruang angkasa Cassini mungkin menunjuk ke sebuah jawaban. Hal ini menurut laporan ilmuwan planet Zarah Brown dari University of Arizona di Tucson dan rekannya di Nature Astronomy pada 6 April.

Setelah mengorbit Saturnus selama 13 tahun, Cassini menyelesaikan misinya dengan serangkaian kemiringan yang berani antara planet dan cincinnya sebelum terjun ke atmosfer Saturnus pada September 2017. Selama orbit terakhir, pesawat ruang angkasa menjelajahi atmosfer atas planet dengan menyaksikan bintang di latar belakang.

Mengukur jumlah cahaya bintang yang diblokir atmosfer memberi tahu Brown dan rekan-rekannya betapa padatnya atmosfer pada titik-titik yang berbeda, yang merupakan petunjuk suhu.

Menggunakan 30 pengukuran bintang ini, 22 di antaranya berasal dari enam minggu terakhir misi Cassini, tim memetakan suhu atmosfer Saturnus di seluruh planet dan pada kedalaman yang berbeda.

"Untuk planet-planet luar, ini adalah kumpulan data yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata ilmuwan planet Tommi Koskinen, juga dari University of Arizona.

Atmosfirnya terpanas di sekitar 60 ° LU dan 60 ° LU, kira-kira di mana aurora bercahaya Saturnus muncul. Aurora adalah cahaya cemerlang yang berkilau ketika partikel bermuatan dari matahari berinteraksi dengan magnetosfer planet, wilayah yang ditentukan oleh medan magnet planet. Tidak seperti aurora yang terlihat di Bumi, aurora Saturnus bersinar terutama dalam cahaya ultraviolet.

Cahaya aurora tidak memancarkan banyak panas pada dirinya sendiri, tetapi disertai dengan arus listrik yang dapat menghasilkan panas seperti kabel di pemanggang roti. Proses ini, yang disebut pemanasan Joule, juga terjadi di atmosfer Bumi.

Jika Jupiter, Uranus, dan aurora Neptunus juga bertepatan dengan panas ekstra, maka aurora dapat memecahkan misteri atmosfer panas di seluruh tata surya. Menurut Brown, proses yang sama bahkan bisa terjadi pada exoplanet.

Vervack, yang telah bekerja dengan dataset Voyager tetapi tidak terlibat dalam pekerjaan baru, berpikir studi ini menandai langkah besar dalam pemahaman kita dari atmosfer atas panas ini.

"Tes nyata apakah itu benar adalah ketika Anda pergi ke Uranus atau Neptunus, yang magnetosfernya lebih rumit daripada Saturnus," kata Vervack.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement