Ahad 05 Apr 2020 04:19 WIB

Peneliti Ekstraksi Data Genetik dari Leluhur Manusia Purba

Homo antecessor terhubung dengan homo sapiens, Neanderthal dan Denisovans.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Rekonstruksi wajah  Homo antecessor yang hidup 800 ribu tahun lalu di Spanyol.
Foto: sciencesource
Rekonstruksi wajah Homo antecessor yang hidup 800 ribu tahun lalu di Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan mengetahui bahwa manusia modern, Neanderthal dan Denisova (spesies saudara Neanderthal yang misterius) memiliki nenek moyang yang sama, yang oleh banyak ilmuwan dianggap sebagai Homo erectus. Sekarang, pohon keluarga manusia menjelaskan lebih banyak hal.

Menurut penelitian ilmuwan yang dipublikasikan dalam jurnal Nature pekan ini, antara tujuh dan sembilan juta tahun yang lalu, manusia dan simpanse mengalami pemisahan evolusi. Para peneliti dapat mengekstraksi data genetika manusia tertua dari gigi berusia 800 ribu tahun yang dimiliki oleh Homo antecessor, leluhur manusia purba.

"Analisis protein kuno memberikan bukti untuk hubungan yang erat antara Homo antecessor, kami (homo sapiens), Neanderthal dan Denisovans. Hasil kami mendukung gagasan bahwa Homo antecessor adalah kelompok saudara dari kelompok yang berisi Homo sapiens, Neanderthal, dan Denisovans," kata Frido Welker, penulis studi dan rekan penelitian pascadoktoral di University of Copenhagen's Globe Institute, dilansir dari CNN.

Metode molekul palaeoproteomics baru, yang dikembangkan oleh para peneliti di University of Copenhagen, memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan bukti yang mendorong pemahaman kita tentang evolusi manusia bahkan lebih jauh ke masa lalu.

Banyak dari apa yang kita ketahui sejauh ini didasarkan pada hasil analisis DNA purba, atau pada pengamatan bentuk dan struktur fisik fosil.

“Karena degradasi kimiawi DNA dari waktu ke waktu, DNA manusia tertua yang diambil sejauh ini adalah tertanggal tidak lebih dari sekitar 400 ribu tahun. Sekarang, analisis protein purba dengan spektrometri massa, suatu pendekatan yang lazim disebut palaeoproteomics, memungkinkan kita untuk mengatasi batasan-batasan ini,”  kata Enrico Cappellini, penulis studi dan profesor rekanan di University of Copenhagen's Globe Institute.

Fosil-fosil pendahulu Homo ditemukan selama penggalian pada tahun 1994 di sebuah situs arkeologi di Sierra de Atapuerca, Spanyol. Awalnya, para peneliti percaya bahwa Homo antecessor adalah leluhur bersama terakhir dari Neanderthal dan manusia. Ini karena tengkorak pendahulunya memiliki fitur yang lebih modern mirip dengan tengkorak manusia.

Para peneliti membandingkan analisis gigi pendahulunya dengan fosil Homo erectus yang ditemukan di Georgia yang bertanggal 1,77 juta tahun. Mereka menyarankan bahwa pendahulunya adalah garis keturunan saudari, yang terkait erat dengan erectus dan temuan ini berarti bahwa fitur yang dibagikan dengan manusia memiliki akar yang dalam yang memperpanjang bahkan lebih jauh ke masa lalu daripada yang diperkirakan sebelumnya.

"Saya senang bahwa studi protein memberikan bukti bahwa spesies pendahulu Homo mungkin terkait erat dengan leluhur bersama terakhir Homo sapiens, Neanderthal dan Denisovans," jels José María Bermúdez de Castro, rekan penulis studi dan wakil kepala ilmiah penggalian di Atapuerca.