Sabtu 04 Apr 2020 08:09 WIB

Ilmuwan Sebut Usia Homo Erectus Lebih Tua dari Perkiraan

Fosil menunjukkan Homo erectus 200 tahun lebih awal dari perkiraan.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Fosil yang didapatkan dari penggalian di  Drimolen di luar Johannesburg, Afrika Selatan.
Foto: cnn
Fosil yang didapatkan dari penggalian di Drimolen di luar Johannesburg, Afrika Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih banyak misteri yang muncul mengenai nenek moyang manusia. Banyak penelitian mengungkap hal-hal menarik mengenai manusa purba yang tentunya berkaitan dengan kehidupan moderen saat ini.

Ini adalah kisah tentang tiga hominin, atau leluhur manusia purba, yang semuanya hidup pada waktu yang sama dua juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang disebut sebagai Johannesburg, kota di Afrika Selatan, yang disebut Cradle of Humankind. Tetapi hanya satu hominin yang akan muncul sebagai seorang yang selamat.

Baca Juga

Dalam publikasi di jurnal Science, para peneliti beberapa waktu terakhir menemukan bahwa Homo Erectus, Austraolpithecus dan Paranthropus hidup pada waktu yang bersamaan. Selama penggalian situs Drimolen di luar Johannesburg, para peneliti menemukan banyak fragmen tulang yang datang bersama sebagai penutup untuk hominin. Bentuk tanda tangannya mengungkapkan bahwa tengkorak itu berasal dari Homo erectus.

Homo erectus adalah manusia purba tertua yang memiliki proporsi tubuh yang mirip dengan manusia modern, termasuk kasus otak yang diperluas. Rongga otak membantu para peneliti menentukan apa yang mereka lihat.

Erectus juga dikenal karena bermigrasi ke luar Afrika, khususnya Afrika timur. Hingga adanya hasil temuan ini, tak satupun fosil erectus yang pernah ditemukan di Afrika Selatan. Fosil erectus tertua berasal dari Dmanisi, Georgia dan berasal dari 1,8 miliar tahun yang lalu.

"Usia fosil DNH 134 menunjukkan bahwa Homo erectus ada 150.000 hingga 200.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya," kata penulis studi Andy Herries, kepala departemen arkeologi dan sejarah di La Trobe University di Australia, dilansir dari CNN, Jumat (3/4).

Ini menunjukkan bahwa erectus mungkin berasal dari Afrika Selatan, sebelum pindah ke Afrika Timur dan Utara, dan kemudian seluruh dunia. Itu juga menempatkan Homo erectus di lokasi yang sama dengan dua hominin lain yang tinggal di Afrika Selatan pada saat itu.

"Kita sekarang dapat mengatakan Homo erectus berbagi lanskap dengan dua tipe manusia lain di Afrika Selatan, Paranthropus dan Australopithecus," jelas Herries.

Masing-masing diantaranya tampak  berbeda satu sama lain dan mereka mungkin telah mendiami daerah yang berbeda untuk menghindari persaingan untuk mendapatkan makanan dan sumber daya lainnya untuk hidup. Paranthropus robustus memakan hal-hal seperti akar dan umbi, itulah sebabnya gigi mereka sangat besar. Mereka menggunakan gigi mereka yang sangat besar untuk menggiling apa yang disebut sebagai makanan cadangan.

Homo erectus lebih tinggi dan mencari makan untuk buah dan beri. Mereka juga makan daging, tetapi para peneliti tidak yakin bagaimana mereka mendapatkannya karena erectus tidak menggunakan senjata, meskipun kemungkinan memiliki alat-alat batu.

Selama waktu ketiga spesies hidup di daerah yang sama, mereka mengalami perubahan iklim karena bergeser dari hangat dan lembab menjadi dingin dan kering. Pohon memberi jalan ke padang rumput. Homo erectus hanya bergerak, lebih berpindah dengan dua kaki, sementara Paranthropus harus puas dengan makanan yang kurang menarik dan waktu untuk Australopithecus berakhir.

Australopithecus seperti sepupu tua Paranthropus dan Homo erectus. Australopithecus, yang muncul di lokasi sekitar 3,85 juta tahun yang lalu, memudar terutama ketika habitatnya berubah. Meskipun mereka beradaptasi untuk hidup di pohon dan di darat, Australopithecus kemungkinan mati karena perubahan iklim dan persaingan dari spesies lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement