Selain itu, menurur Dina, ada lima strategi yang ditawarkannya untuk eksternal perusahaan. Karena bagaimanapun customer tetap harus dijaga.
Kelima strategi itu yakni:
Manfaatkan Omnichannel
Dina mengatakan, pada era Covid-19 ini, ada baiknya memanfaatkan omnichannel dengan mengintegrasikan aktivitas di situs web, aplikasi, media sosial, e-commerce, dan saluran lainnya yang dimiliki perusahaan.
Saluran online pelanggan
Buatlah konten yang menarik seperti konten-konten sosial nan informatif tentang EFH dan kesehatan.
Kemudian ciptakan interaktif agar pelanggan ada terlibat. Misalnya dengan IG live, webinar, IG TV, dan lainnya.
Berikan bantuan dan jaminan pelanggan
Pada era Covid-19, trust menjadi sesuatu yang harus dijaga. Sebab ada kalanya pasar merasa ragu untuk membelanjakan uangnya karena berbagai hal. Misal, khawatir barang tidak sampai. Untuk itu, beritahukan pelanggan tentang dampak Covid-19 terhadap produksi dan pengiriman. Bisa juga dengan membuka komunikasi langsung ke pelanggan via chat atau telepon.
Kolaborasi
Kolaborasilah dengan startup lain. Bisa dengan membuat cross selling atau promosi, program bundling, hingga aksi sosial, seperti membantu petugas medis.
Ubah model laba
Terakhir, tawarkan pada konsumen paket berbeda dengan harga dan penawaran berbeda. Lalu jual banyak barang dengan harga serendah mungkin, untuk meningkatkan pembelian impulsif.
Izinkahlah pelanggan membayar apa yang mereka gunakan. Ada baiknya juga keluarkan harga yang fleksibel dan paket.