Jumat 21 Feb 2020 19:57 WIB

Ilmuwan Pelajari Siklus Air di Mars

Mars memiliki kandungan air yang mengandung mineral.

Rep: Idealisa/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto baru Planet Mars menampilkan beberapa warna lain.
Foto: nasa/univ arizona
Foto baru Planet Mars menampilkan beberapa warna lain.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ilmuwan menemukan hal baru mengenai air di Mars. Diketahui, planet Mars memiliki kandungan air yang mengandung mineral. Hal ini membuat air di Mars bersifat asin.

Miliaran tahun yang lalu, Mars memiliki air dalam bentuk cairan di permukaannya dalam bentuk danau, sungai, dan bahkan lautan yang menutupi sebagian besar belahan planet.

Baca Juga

Bukti dari masa lalu yang lebih hangat dan basah ini tampak di banyak tempat di seluruh lanskap dalam bentuk aluvial, delta, dan endapan tanah liat yang kaya mineral. Namun, selama lebih dari setengah abad, para ilmuwan telah memperdebatkan apakah air masih ada di Mars saat ini.

Menurut penelitian baru oleh Ilmuwan Senior di Planetary Science Institute, Norbert Schorghofer, air yang bersifat asin dapat terbentuk secara singkat di permukaan Mars. Meskipun berumur pendek (hanya beberapa hari setahun), potensi keberadaan air asin musiman di permukaan Mars akan memberi tahu kita banyak hal tentang siklus musiman Planet Merah.

Dilansir di Universe Today, Kamis (20/2) disebutkan, penelitian Schorghofer dipublikasikan di The Astrophysical Journal.

Untuk menjawab pertanyaan apakah embun beku musiman dapat meleleh, sehingga menghasilkan air cair, Schorghofer mempertimbangkan serangkaian model kuantitatif, serta info terbaru tentang konveksi panas dan model keseimbangan energi permukaan tiga dimensi.

Sementara banyak air yang pernah ada di Mars telah diawetkan dalam bentuk es di kutubnya, keberadaan air cair sangat sulit untuk ditentukan. Planet ini mengalami siklus musiman seperti Bumi, yang akan membuat seseorang menyimpulkan bahwa es ini mencair secara berkala.

Namun, lingkungan bertekanan rendah dan perubahan suhu yang cepat di Mars menyebabkan es ini menjadi sublimasi jauh sebelum mencapai titik lelehnya.

Di Mars, tekanan atmosfer berkisar antara 0,4 hingga 0,87 kilopascal (kPa), yang setara dengan kurang dari 1 persen permukaan laut bumi. Ini menempatkannya dekat dengan tekanan tiga titik kritis air, tekanan minimum yang diperlukan untuk air cair ada.  Sementara itu, permukaan memanas dengan sangat cepat ketika terkena sinar matahari, yang menghasilkan perubahan besar suhu sepanjang hari.

“Mars memiliki banyak daerah yang kaya es dingin dan banyak daerah bebas es yang hangat, tetapi daerah es di mana suhu naik di atas titik leleh adalah 'titik manis' yang hampir tidak mungkin ditemukan.  Bintik manis itu adalah tempat terbentuknya air cair," kata Schorghofer.

Schorghofer membayangkan 'bintik-bintik manis' ini terletak di pertengahan garis lintang di sekitar topografi yang menonjol, misalnya batu-batu besar dan formasi batuan tinggi. Selama musim dingin, daerah-daerah ini akan membuat bayangan terus menerus, menciptakan lingkungan bersuhu sangat dingin di mana embun air dapat menumpuk.

Ketika musim semi tiba, titik-titik yang sama ini akan terkena sinar matahari langsung. Ini akan menyebabkan embun beku air dipanaskan mendekati titik leleh air setelah satu atau dua hari Mars (sol). Menurut kalkulasi model terperinci Schorghofer, suhu akan berubah sangat cepat, naik dari -128 °C (-200 °F) di pagi hari menjadi -10 °C (14 °F) pada siang hari.

Di mana pun endapan embun beku air ini terbentuk di tanah yang kaya garam, titik lelehnya akan ditekan ke titik di mana ia akan meleleh pada -10 °C. Ini berarti bahwa tidak semua es akan menyublim dan menjadi gas. Beberapa di antaranya akan berubah menjadi air asin yang akan bertahan sampai semua esnya meleleh atau berubah menjadi uap. Pola musiman ini akan terulang lagi di tahun berikutnya.

Sama seperti apa yang terjadi di wilayah kutub selatan, embun beku karbon dioksida juga dapat menumpuk selama musim dingin di daerah gelap di belakang topografi yang menonjol.  Karena itu pencairan embun beku hanya akan terjadi setelah es kering menguap, suatu titik yang oleh para ilmuwan disebut sebagai "tanggal crocus." Satu atau dua sol setelah tanggal ini berlalu, es air cair akan mulai mencair untuk menciptakan air yang dikenal sebagai "crocus mencair."

Temuan ini dibangun berdasarkan eksperimen sebelumnya yang dilakukan oleh NASA yang menunjukkan bagaimana lingkungan yang kaya klorat di Mars akan menjadi tempat yang paling mungkin untuk menemukan air.  Penelitian serupa telah dilakukan oleh banyak tim sains yang telah mempertanyakan apakah fitur musiman di sekitar daerah khatulistiwa Mars yang dikenal sebagai Recurring Slope Lineae (RSL)  adalah hasil pembentukan air asin.

Musim panas ini, penjelajah NASA Mars 2020 akan diluncurkan dari Cape Canaveral untuk memulai perjalanannya selama enam bulan ke Mars. Sesampai di sana, misi akan bergabung dengan wahana Curiosity dan sejumlah misi lain yang saat ini sedang mencari bukti masa lalu Mars yang berair.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement