Senin 23 Dec 2019 03:21 WIB

Fosil Pohon Tertua Ditemukan di New York

Peneliti menemukan fosil pohon dari 386 juta tahun yang lalu.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nora Azizah
Peneliti menemukan fosil pohon yang berasal dari 386 juta tahun yang lalu (Ilustrasi fosil pohon)
Foto: live science
Peneliti menemukan fosil pohon yang berasal dari 386 juta tahun yang lalu (Ilustrasi fosil pohon)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Peneliti menemukan fosil pohon yang berasal dari 386 juta tahun yang lalu. Fosil pohon tertua yang pernah tercatat itu ditemukan di sebuah tambang yang ditinggalkan di New York, Amerika Serikat.

Berdasarkan penemuan tersebut, para peneliti percaya mereka telah menemukan hutan raksasa yang pernah membentang di wilayah itu. Hutan raksasa diperkirakan membentang di luar Pennsylvania dari tambang di Kairo, New York.

Baca Juga

Temuan ini dipercaya dapat meningkatkan pemahaman ilmu pengetahuan tentang evolusi pohon. Selain itu, diharapkan juga dapat memberi pemahaman yang lebih mengenai bagaimana pohon menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer.

Para ahli dari beberapa universitas Inggris dan Amerika telah menghabiskan lebih dari 10 tahun memetakan sekitar 3.000 meter persegi hutan. Pada akhirnya, mereka berkesimpulan bahwa itu adalah rumah bagi setidaknya dua jenis pohon, cladoxylopsids dan archeopteris.

"Ini adalah tempat tertua di mana anda bisa berkeliaran dan memetakan di mana pohon-pohon fosil berdiri di bagian tengah era Devonian," kata paleobotanis dari Universitas Cardiff, Chris Berry, dilansir di Fox News, Ahad (22/12).

Waktu fosil pohon tersebut tanggal kembali menandai transisi antara sebuah planet tanpa hutan, dan sebuah planet yang sebagian besar tertutup pohon. "Ini adalah hutan yang sangat kuno sejak awal saat planet berubah menjadi hijau, dan hutan menjadi bagian normal dari sistem Bumi," kata Berry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement