Selasa 10 Dec 2019 17:07 WIB

Fosil 480 Juta Tahun Ungkap Evolusi Lili Laut

Lili laut bukanlah bunga, lili laut adalah hewan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Lili laut.
Foto: ocean research
Lili laut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bunga lili laut, terlepas dari namanya, bukanlah tanaman. Lili laut adalah hewan yang terkait dengan bintang laut dan bulu babi.

Bunga lili laut telah ada setidaknya selama 480 juta tahun. Mereka pertama kali berevolusi ratusan juta tahun sebelum dinosaurus. Selama hampir dua abad, para ilmuwan telah memikirkan tentang bagaimana bunga lili laut modern berevolusi dari leluhur kuno mereka.

Baca Juga

Dalam sebuah studi baru di Journal of Paleontology, para peneliti menulis ulang pohon keluarga lily laut, dibantu oleh fosil yang baru ditemukan yang membantu menunjukkan bagaimana lengan hewan ini berevolusi.

"Fosil-fosil awal ini memberikan bukti kunci baru yang menunjukkan bahwa apa yang kami pikirkan tentang asal-usul bunga lili laut sejak tahun 1846 salah," kata Tom Guensburg, penulis utama makalah tersebut dilansir di Phys.org, Selasa (10/12).

Bunga lili laut secara formal lebih dikenal sebagai Crinoid, tetapi mereka mendapat julukannya 'bunga lili' karena mereka benar-benar terlihat seperti bunga yang tumbuh di dasar lautan. Mereka menghabiskan masa dewasanya di satu tempat, dengan batang seperti batang yang menempel di dasar laut.

Di bagian atas tangkai ini ada sekelompok lengan, mungkin seukuran telapak tangan Anda. Lengan-lengan ini menjebak plankton kecil yang mengambang di air, yang kemudian dimakan oleh lili laut.

"Beberapa orang benar-benar menganggap bunga lili laut dan kerabat mereka, bintang-bintang bulu, binatang paling indah. Mereka datang dalam warna apa saja, ungu, merah terang, hijau," kata Guensburg.

Mereka terlihat seperti tumbuhan, tetapi ketika Anda benar-benar melihat tubuh mereka, Anda menemukan semua anatomi hewan kompleks seperti saluran pencernaan dan sistem saraf.

Mereka lebih dekat dengan vertebrata, dan kita, daripada hampir semua hewan invertebrata lainnya.

Fosil lili laut

Dalam makalah yang baru, Guensburg dan rekan-rekannya menggambarkan jenis baru fosil lili laut yang mereka beri nama Athenacrinus broweri, dari nama dewi Yunani, Athena.

Hal ini karena Athena sering digambarkan dengan tubuh kurus, hampir kurus di vas Yunani kuno, lengan fosil ini juga panjang dan tipis.

"Athena adalah dewi kebijaksanaan, dan fosil ini memberi tahu kita sesuatu yang penting tentang asal usul kelompok ini. Fosil ini memiliki makna yang sangat besar," jelas Guensburg.

Penemuan ini sudah lama datang. Pada tahun 1846, para ilmuwan sedang menyusun pohon keluarga Echinodermata, hewan seperti bunga lili laut, bintang laut, bulu babi, teripang, dan sejumlah kelompok yang telah punah. Dalam catatan fosil, mereka menemukan hewan purba yang terlihat seperti bunga lili laut modern, dengan tangkai berakhir pada sekelompok lengan halus, yang disebut Cystoids.

Mereka menduga bahwa kedua hewan purba ini pasti terkait erat. Tetapi mulai tahun 1950-an, beberapa ilmuwan menyatakan keraguan bahwa sistoid berasal dari bunga lili laut, bahwa kesamaan itu hanya sedikit. Namun, bukti yang digunakan untuk berpendapat bahwa crinoid dan sistoid yang saling terkait telah dikritik sampai hari ini oleh mereka yang menyukai ide tradisional kuno tentang crinoid.

Struktur lengan Athenacrinus ternyata menjadi kunci untuk mencari tahu bagaimana lili laut berevolusi dari Echinodermata yang paling awal diketahui, beberapa di antaranya berumur 515 juta tahun. Echinodermata paling awal ini belum memiliki lengan, tetapi mereka memiliki lempengan di tubuh mereka yang mirip dengan yang ditemukan pada lengan crinoid paling awal.

Jadi beberapa lempengan di lengan crinoid yang paling awal mendahului asal-usul senjata itu sendiri. Lempeng ini tidak dapat ditemukan di bunga lili laut mulai 450 juta tahun yang lalu. Sementara lili laut modern memiliki pelapis lengan yang berbeda, mereka memiliki jaringan yang merupakan sisa dari pola kuno ini.

Makalah baru dalam Journal of Paleontology menunjukkan bahwa bunga lili laut awal dari 480 juta tahun yang lalu adalah mata rantai yang hilang antara leluhur teratai laut awal dan apa yang kita lihat pada crinoid yang hidup.

Cystoids, sementara itu memiliki struktur lengan yang berbeda, kata Guensburg, menunjukkan bahwa cystoids bahkan tidak termasuk kelas hewan yang sama dengan bunga lili laut.

"Fosil-fosil baru ini untuk pertama kalinya memberikan gambaran yang akurat tentang seperti apa lengan crinoid yang paling awal, dan mereka tidak seperti cystoid dalam hal-hal penting. Tidak ada cystoid yang memiliki anatomi seperti itu," kata Guensburg.

Itu berarti bahwa crinoid dan sistoid hanya terkait pada level terdalam, paling primitif dalam sejarah Echinoderm.  "Salah satu cabang paling menarik dari pohon kehidupan, echinodermata, perlu diatur ulang. Itu masalah besar," katanya.

Dan, katanya, menyatukan bagaimana bunga lili laut membantu memperluas pemahaman kita tentang semua kehidupan: "Apa yang membuat manusia berbeda dari hewan lain adalah bahwa kita ingin tahu tentang memahami tempat kita di alam semesta dan memahami tempat kita dalam sejarah kehidupan. Ini  adalah bagian dari itu, itulah yang membuat hidup menarik," ujar Guensburg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement