Selasa 29 Oct 2019 06:38 WIB

Spesies Baru Ditemukan di Mulut Hiu Paus

Makhluk hidup mirip udang ditemukan di mulut hiu paus Jepang.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Hiu Paus atau Whale Shark
Foto: SHARK DIVING GUIDE
Hiu Paus atau Whale Shark

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Mulut hiu paus mungkin tidak tampak seperti lingkungan yang paling ramah untuk sebuah rumah. Namun para peneliti Jepang menemukan makhluk baru mirip udang.

Penghuni kecil yang dijuluki podocerus jinbe adalah variasi dari gammaridea. Spesies ini dikenal karena kemampuannya yang kuat untuk hidup di lingkungan mulai dari pegunungan tinggi hingga laut dalam.

Baca Juga

Ketua peneliti Ko Tomikawa yang merupakan seorang profesor di Universitas Hiroshima mengaku terkejut mendapati mereka hidup di mulut seekor binatang.

“Makhluk ini ,yang biasanya memiliki panjang tiga sampai lima sentimeter, luar biasa. Karena mereka dapat hidup di berbagai macam lingkungan. Tapi saya tidak menyangkan akan menemukan satu di dalam mulut hiu paus,” ujar Tomikawa, seperti yang dilansir dari Malay Mail, Selasa (29/10).

Gammaridea adalah sejenis krustasea. Kelompok yang termasuk kutu air. Peneliti itu mengatakan varietas baru tersebut memiliki tubuh berwarna cokelat dengan panjang sekitar lima milimeter dan berbulu. Itu membantu menangkap zat organik untuk makanan.

Hiu paus dikenal sebagai jinbe zame dalam bahasa Jepang . Tomikawa mengatakan ada alasan bagus mengapa spesies itu memilih lokasi hidup yang tidak terduga.

“Mulut hiu paus mungkin merupakan habitat yang baik karena air laut segar,yang diperlukan bagi mereka untuk bernafas masuk secara teratur, dan makanan yang mengalir. Mulut hiu paus juga menyediakan tempat aman tanpa pemangsa,” katanya.

Varietas baru itu ditemukan setelah Tomikawa dihubungi oleh akurium di prefektur Okinawa selatan yang ingin tahu hewan apa yang hidup di dalam hiu paus. Mereka mengungkapkan sekitar seribu makhluk ditemukan di dalam insang mulut hiu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement