Kamis 29 Aug 2019 02:22 WIB

Kompetisi PUBG Mobile Perebutkan Total Hadiah Rp 750 Juta

Kompetisi PUBG Mobile di Idbyte E-Sports berikan hadiah setara, tanpa pandang gender.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Warga bermain game Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) melalui telepon pintar di Lhokseumawe, Aceh, Rabu (19/6/2019).
Foto: Antara/Rahmad
Warga bermain game Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) melalui telepon pintar di Lhokseumawe, Aceh, Rabu (19/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar main gim PUBG Mobile ditantang untuk berkompetisi dalam ajang yang menjadi bagian dari gelaran teknologi Idbyte E-sports 2019  yang akan digelar pada 13 sampai 14 September 2019 mendatang. Ketua Idbyte E-sports 2019 Shinta Dhanuwardoyo, menjelaskan saat ini tercatat ada 43,7 juta gamer di Indonesia yang jumlahnya diprediksi akan terus tumbuh.

Hal inilah yang mendorong BUBU.com untuk kembali menggelar Idbyte 2019 yang juga mengetengahkan turnamen e-sport bertajuk BUBU Esports Tournament (BEST) dengan tagline "Gaming for Change". Untuk turnamen kali ini, BEST mengangkat PUBG Mobile mengingat game ini memiliki komunitas yang besar di Indonesia.

Baca Juga

Kompetisi ini merupakan kerja sama dengan Tencent Games dan didukung oleh IESPA, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga. Turnamen ini, menurut Shinta, mendorong kesetaraan gender di industri game. B E S T juga mengadakan turnamen untuk gamer wanita untuk pertama kalinya. Di kompetisi lain, ada kesenjangan yang signifikan antara pemain pria dan wanita, baik jumlah hadiah hingga fasilitas yang diberikan.

"Yang membedakan kami dengan turnamen lainnya adalah kami yang pertama mengangkat untuk kaum perempuan juga. Kami ingin memberikan plaftorm bagi wanita untuk bisa turut bertanding di dunia game. Jadi laki-laki dan perempuan kita samakan dari bermain hingga jumlah hadiahnya," ujarnya.

Turnamen tersebut memperebutkan hadiah Rp 290 juta. Ini berlaku untuk gamer pria juga wanita. Jika ditotal, hadiah pada turnamen tahun ini mencapai Rp 750 juta.

"Kami ingin mengangkat isu kesetaraan gender, karena selama hadiah untuk pemenang tim pria dan wanita selalu berbeda, misal tim pria mendapatkan Rp 1 miliar tapi wanitanya cuma 25 juta. Namun, di sini hadiahnya sama-sama Rp 290 juta juga," kata Shinta.

Idbyte Esports 2019 juga menghadirkan ajang pencarian bakat bagi anak muda bertalenta yang menggeluti industri e-sports selama ini sebagai caster, streamer dan juga cosplayer, yang akan dianugerahi BUBU Awards di dalam rangkaian acara ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement