Jumat 12 Jul 2019 14:58 WIB

Kominfo: Palapa Ring Rampung Sebelum HUT Kemerdekaan RI

Palapa Ring diharapkan bisa menghilangkan kesenjangan kecepatan internet antardaerah

Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.
Foto: kominfo.go.id
Proyek Palapa Ring pemerintah Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) optimistis infrastruktur Palapa Ring akan rampung sesuai target, yakni sebelum 17 Agustus 2019. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti usai menghadiri Pertemuan Nasional Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia di Wisma Antara, Jakarta, Jumat (12/7).

"Optimistis selesai," ujarnya. Niken mengatakan pemerintah sedang membuka berbagai akses di semua lini untuk menyatukan seluruh negeri, termasuk pembangunan infrastruktur Palapa Ring.

Baca Juga

Pembangunan di sektor barat dan tengah sudah rampung pada 2018, sementara sektor Timur yang meliputi Maluku dan Papua sudah mencapai 96 persen. Salah satu kendala pembangunan di sektor Timur adalah kontur pegunungan yang membuat proses lebih lambat.

Ia berharap infrastruktur itu bisa menghilangkan kesenjangan kecepatan internet antara pulau Jawa dengan tempat lain seperti Papua. "Itu adalah peran Kominfo dalam menyiapkan infrastruktur untuk menyatukan negeri," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement