Senin 29 Apr 2019 16:20 WIB

Website Desa Karanganyar Terima Anugerah IWA

Penghargaan IWA diberikan berdasarkan kreatifitas, desain, konten, dan lainnya

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Launching website potensi desa.
Foto: Dokumen
Launching website potensi desa.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Website desa karanganyar.desa.id yang dikelola Pemerintah Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, mendapat penghargaan Indonesia Website Award (IWA). Penghargaan tersebut diserahkan di Union Space Satrio Tower Lantai 16 Mega Kuningan Jakarta, Sabtu (27/4).

Kepala Desa Karanganyar, Tofik, mengaku sangat bersyukur website yang dikelola perangkat desanya mendapat penghargaan tersebut. ''Terima kasih untuk warga Desa Karanganyar, perangkat atas dukungannya dan Dinas Komunikasi Kabupaten Purbalingga yang telah mendampingi,'' kata Tofik, Senin (29/4).

IWA merupakan sebuah bentuk penghargaan yang diberikan Exabytes Group, sebagai salah satu perusahaan IT terbaik di Asia Tenggara. Penghargaan diberikan berdasarkan  kreatifitas, desain website, konten, Search Engine Optimization (SEO), user-friendliness, koding, dan kategori lain.

Dia berharap, penghargaan tersebut dapat memicu jajaran perangkat di desanya untuk terus berinovasi dan bersemangat membangun desa dengan memanfaatkan teknologi informasi. ''Warga desa kami juga harus mulai melek teknologi, salah satunya dengan pemanfaatan website desa sebagai pusat informasi,'' katanya

Kasi Aplikasi dan Infrastruktur TIK Dinas Kominfo Purbalingga, Baryati, mengatakan pihaknya akan terus melakukan pelatihan dan pendampingan IT kepada pemerintah desa untuk memanfaatkan domain desa.id.

''Untuk Desa Karanganyar kami pernah mengadakan pelatihan dan pendampingan pengisian konten, pelatihan penulisan konten website dengan peserta karangtaruna, IPP NU dan IPNU Desa,'' tambahnya.

Dia menyebutkan, selain Desa Karanganyar, sebenarnya ada 100 desa lain di kabupaten Purbalingga yang sudah memiliki website desa. Dia berharap untuk admin website desa lainnya juga dapat konsisten mengupdate informasi sesuai ketentuan UU KIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement