Senin 25 Feb 2019 15:39 WIB

LIPI Pamerkan Dua Jenis Tumbuhan Langka di Kebun Raya Bogor

Kedua jenis tumbuhan langka tersebut berhasil dikembangkan di luar habitat aslinya.

Bunga Padma (Rafflesia Patma Blume) mekar di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, pada September 2018 lalu.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Bunga Padma (Rafflesia Patma Blume) mekar di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, pada September 2018 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kota Bogor, Jawa Barat kembali memperkenalkan dua tumbuhan langka yang berhasil ditumbuhkan di Kebun Raya Bogor, di luar habitat aslinya. Keduanya ialah Rafflesia patma dan Begonia baru.

Menurut Plt Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Dr R. Hendrik, ada 30 jenis Rafflesia di dunia. Sebanyak 13 jenis di antaranya berada di Indonesia.

Hendrik memaparkan, Rafflesia yang tumbuh di Indonesia pusat habitatnya berada di Sumatra. Hanya saja, tiap jenis hidup di titik sebaran yang sangat sempit dan dengan jumlah tumbuhan yang sedikit.

Itulah yang membuat Rafflesia dimasukkan ke dalam kategori tumbuhan yang dilindungi. "Perlindungan tanaman langka ini diatur pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P.106/MENLHK/KUM.1/12/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa langka yang dilindungi," kata Hendrik di Bogor, Senin.

Sementara itu, peneliti Rafflesia LIPI, Sofi Mursidawati mengatakan, jenis Rafflesia patma hanya mampu hidup selama dua hingga tiga hari saja dan membuatnya menjadi semakin unik. Karena Rafflesia ini cukup langka, pihaknya telah berupaya mengembangkannya di Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor menjadi kebun raya pertama di dunia yang memiliki koleksi ex situ Rafflesia patma. Tumbuhan langka itu tercatat pernah 13 kali mekar sejak 2010.

Penelitian Rafflesia patma sudah dilakukan sejak enam tahun tahun lalu. Sofi menjelaskan, Rafflesia harus dicangkok pada inang tanaman besar lainnya dan itulah yang membuatnya kesulitan menemukan atau melakukan penelitian intensif.

"Itu diketahui dari bijinya yang selembut pasir, jadi sulit membedakan. Suhu, maupun kesehatan inang tumbuhan lain cukup penting untuk menentukan hasil akhir," kata Sofi.

photo
Begonia olivacea, tanaman Begonia jenis baru yang ditemukan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Lain halnya dengan pembiakan Begonia. Kebun Raya Bogor telah berhasil mengkoleksi 134 jenis tanaman tersebut.

Dari jumlah itu, ada 37 jenis Begonia eksotik dan 97 lainnya berasal dari alam.

Begonia alam diperoleh dari hasil eksploitasi hutan sebanyak 34 jenis, di antaranya belum teridentifikasi dan berpotensi menjadi begonia jenis baru.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement