Rabu 26 Dec 2018 00:03 WIB

Robot Kafe Barista 5G Pertama Dibuka di Gangnam

Robot 5G akan menjadi platform inovatif yang membawa perubahan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
5G
Foto: Pixabay
5G

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- KT telah menerapkan teknologi jaringan generasi kelima (5G) untuk robot barista di sebuah kafe tak berawak di dekat Stasiun Gangnam di Seoul selatan, perusahaan telekomunikasi mengatakan Selasa (25/12). Di kafe bernama "B; eat," yang dioperasikan oleh waralaba kopi lokal dal.komm, robot barista menerima pesanan dan menyajikan minuman dan kopi kepada pelanggan.

Dengan KT yang menerapkan jaringan nirkabel 5G ke toko, kafe robot, yang telah dioperasikan oleh internet kabel, sekarang dapat menawarkan layanan yang lebih cepat. KT memasang hotspot seluler 5G (MHS) di kedai kopi sehingga robot dapat menerima sinyal 5G dari BTS.

"Jaringan 5G di kafe itu digunakan untuk mengirim status robot dan CCTV berkualitas tinggi ke menara kontrol 24 jam sehari. Dengan CCTV yang dilengkapi di dalam robot, robot juga mengenali pengunjung ke kedai kopi dan mengirimkan rekaman video bagian dalam toko kepada manajer," kata seorang pejabat KT, dilansir dari laman Korea Times.

KT mengklaim ini adalah kedai kopi pertama di dunia yang menampilkan robot barista yang mendukung jaringan 5G. "Kafe barista 5G adalah kafe robot 5G pertama di dunia yang menawarkan layanan 5G nyata," kata Park Hyun-jin, kepala divisi bisnis 5G KT.

"Robot berbasis jaringan 5G akan menjadi platform inovatif yang dapat membawa perubahan bagi konsumen dan seluruh industri," lanjutnya.

Untuk membuat robot lebih pintar, KT akan menerapkan teknologi pengenalan suara dan kecerdasan buatan (AI). Dengan fitur-fiturnya, pelanggan akan dapat membuat pesanan suara dan menerima lebih banyak layanan yang disesuaikan melalui teknologi AI, kata perusahaan itu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement