Selasa 11 Dec 2018 16:26 WIB

Cina Luncurkan Misi Pertama Mendarat di Sisi Jauh Bulan

Sisi yang jauh tetap selamanya tidak terlihat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ani Nursalikah
Bulan dari hasil jepretan tim NASA di Stasiun Luar Angkasa Internasional.
Foto: AP
Bulan dari hasil jepretan tim NASA di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Misi pertama kalinya ke sisi jauh bulan sedang berlangsung. Pesawat luar angkasa Chang'e 4 robot Cina melesat dari bumi pada 7 Desember, meluncurkan roket Long March 3B dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang pada 8 Desember.

Jika semua berjalan sesuai rencana, Chang'e 4 akan membuat pendaratan pertama dalam sejarah di sisi lunar jauh pada awal Januari. Misi tersebut akan melakukan berbagai pekerjaan sains dan menancapkan bendera untuk kemanusiaan di wilayah yang sebagian besar belum dijelajahi sampai saat ini.

Bulan terkunci secara tumpang tindih ke bumi, yang berarti satelit alami membutuhkan waktu yang sama untuk berputar sekali pada sumbunya seperti halnya untuk mengorbit planet kita. Jadi, di bumi, kita selalu melihat wajah yang sama dari tetangga kosmik kita. Itu adalah sisi yang dekat.

Sisi yang jauh tetap selamanya tidak terlihat. Komunikasi dengan astronaut sulit karena batu bulan akan memblokir sinyal langsung yang bergerak ke sana kemari. Untuk mengatasi masalah ini, Cina meluncurkan satelit bernama Queqiao pada Mei lalu.

Sinyal pesawat ruang angkasa kemungkinan akan datang dari Kawah Von Kármán, lubang selebar 186 kilometer di tanah yang menjadi tujuan pendaratan misi itu. Von Kármán adalah bagian dari Cekungan Kutub Selatan-Aitken, salah satu fitur dampak terbesar di tata surya.

Roda gigi ini akan memungkinkan Chang'e 4 mengkarakterisasi sekelilingnya dengan sangat detail. Sebagai contoh, LFS akan mengembalikan data tentang komposisi permukaan, sementara LPR akan menggoda struktur lapisan bawah bulan.

Informasi semacam itu dapat membantu para ilmuwan lebih memahami mengapa sisi jauh bulan sangat berbeda dari sisi yang dekat. Misalnya, dataran basaltik gelap yang besar yang disebut maria menutupi sebagian besar sisi dekat tetapi hampir tidak ada sisi yang jauh.

Chang'e 4 juga akan melakukan beberapa pekerjaan radio-astronomi, memanfaatkan kedamaian dan ketenangan di sisi yang jauh, yang terlindung dari obrolan radio yang datang dari Bumi. Queqiao mengumpulkan data astronomi juga, menggunakan instrumen onboard yang disebut Explorer Low-Frequency.

Pesawat ruang angkasa juga membawa eksperimen biologis, sebuah kaleng kecil berisi telur ulat sutra dan biji tomat dan tanaman Arabidopsis. Para peneliti akan mengawasi bagaimana organisme ini hidup dan berkembang di permukaan bulan.

Para pejabat Cina mengatakan mereka ingin mendaratkan orang-orang di permukaan bulan, meski garis waktu untuk tujuan ini tidak jelas. Bulan bukanlah fokus ruang angkasa manusia Cina dalam waktu dekat; negara ini bekerja untuk mendapatkan stasiun luar angkasa yang diawaki dan berjalan di orbit bumi pada awal 2020-an.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement