Jumat 27 Jul 2018 16:47 WIB

Wilayah Ini Bisa Saksikan Seluruh Fase Gerhana Bulan Total

Wilayah Indonesia di bagian barat dapat menyaksikan seluruh fase gerhana bulan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Fase gerhana bulan
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Fase gerhana bulan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai Sabtu (28/7) pukul 00.13 WIB hingga 05.19 WIB, masyarakat Indonesia dapat menikmati fenomena gerhana bulan total. Gerhana Bulan tersebut akan menjadi yang terlama dalam 100 tahun.

Meskipun gerhana bulan tersebut memiliki fase gerhana total selama 1 jam 43 menit, tetapi tidak seluruh fase dapat terlihat di seluruh wilayah Indonesia. Peneliti Astronomi dan Astrofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rukman Nugraha menjelaskan, wilayah-wilayah yang dapat melihat keseluruhan fase gerhana adalah wilayah Indonesia bagian paling barat, seperti Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

"Seluruh fase gerhana dapat teramati di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat bagian barat, itu kelihatan semua. Bisa terlihat asal posisi bulan tidak terhalang apapun, cuaca cerah, dan bisa diamati dengan mata telanjang," kata Rukman kepada Republika.co.id, Jumat (27/7).

Sebelum terjadinya gerhana, bulan akan berada dalam bentuk purnama yang sangat terang. Kemudian fase terjadinya gerhana bulan akan dimulai pada pukul 00.13 WIB ketika bulan mulai meredup. Kemudian pada pukul 01.24 WIB bulan perlahan akan menghilang hingga makin gelap lalu muncul gerhana sebagian.

Pada pukul 02.30 akan terlihat kemerah-merahan karena bulan sudah masuk ke umbra bumi. Saat inilah dimulai terjadinya gerhana bulan total, hingga puncaknya pada pukul 03.22 WIB. Fase gerhana total tersebut akan dapat dilihat hanya sampai pukul 04.13 WIB.

Setelah itu bulan akan kembali terang, dan semakin terlihat besar. Hingga pada pukul 05.19 WIB gerhana sebagian berakhir, dan pada pukul 06.12 WIB bulan tenggelam di daerah Jakarta.

Namun dari semua fase ini, hanya wilayah indonesia barat (WIB) bagian paling barat yang bisa melihat keseluruhannya. Untuk di daerah wilayah Indonesia Timur (WIT), masyarakat di sana hanya dapat mengamati hingga puncak gerhana pada pukul 03.22 WIB atau 05.22 WIT. Pada wilayah Indonesia Tengah (WITA) seperti Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) akan terlihat sampai gerhana bulan total berakhir pada pukul 04.13 WIB atau 05.13 WITA.

Adapun wilayah Sumatera bagian timur seperti Lampung, Palembang, Riau, Jambi, Jakarta, Jawa, Kalimantan dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dapat terlihat hingga gerhana sebagian berakhir.

Baca: Gunung Agung Kembali Erupsi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement